Sukses

Jurus Pemkab Banyuwangi Temukan Atlet Balap Sepeda

Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan sejumlah sarana untuk menyelenggarakan lomba balap sepeda bertaraf nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Kejuaraan balap sepeda di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang diikuti oleh 150 pesepada dari berbagai daerah di nusantara ini bertujuan mencetak generasi pembalap baru. 

Ketua Panitia Kejurkab Balap Sepeda Banyuwangi, Surtiyono mengatakan bahwa lomba balap sepeda kali ini digelar untuk mencari bibit pembalap sepeda di kabupaten paling ujung Jawa Timur itu, Minggu, 19 Januari 2020.

"Selain mencari bibit pebalap sepeda, ini merupakan salah satu upaya pemkab mencetak generasi pembalap di Banyuwangi yang siap bertanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada 2021," kata Surtiyono, di sela acara Kejurkab balap sepeda di Pantai Marina Boom Banyuwangi, dilansir dari Antara.

Sementara itu, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Banyuwangi, Guntur Priambodo menyampaikan kejurkab ini mengawali agenda ISSI pada 2020, dan sekaligus untuk mempersiapkan Pekan Olahraga Provinsi yang akan digelar di Lumajang pada 2021.

"Kami bersiap diri untuk porprov tahun depan. Ini semacam seleksi awal guna menyiapkan pebalap yang akan kami turunkan tahun depan. Kita siapkan dari awal para pebalap-pebalapnya," ujar Guntur di Banyuwangi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sirkuit BMX Muncar

Ia menambahkan, bahwa cabang olahraga balap sepeda di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, yang sebelumnya ditiadakan, kini tetap dipertandingkan di PON 2020, hanya saja lokasinya di Jatim.

Katanya, Bupati Abdullah Azwar Anas telah memerintahkan ISSI Banyuwangi untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah pertandingan cabor balap sepeda pada PON 2020.

"Bupati telah memerintahkan kami untuk menyiapkan diri menjadi tuan rumah. Mudah-mudahan pertandingan MTB dan BMX dapat digelar di Banyuwangi. Kalau BMX kami optimis, karena sirkuit BMX Muncar sudah bertaraf internasional," ujarnya.

Kejurkab balap sepeda inj, dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Banyuwangi, Dwiyanto.

Data diperoleh, Kejurkab balap sepeda diikuti sebanyak 150 peserta dengan 8 kategori lomba. Yakni race kategori SD setingkatnya dengan memutari 3 lintasan (laps), race kategori SMP 5 laps, kategori SMA 7 laps. Kategori women 5 laps, MTB open 10 laps, MTB master 8 laps, road open 12 laps, dan road master 10 laps. Panjang laps-nya mencapai 2,2 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.