Sukses

IJN Malaysia Gandeng RSUD dr Soetomo Surabaya Genjot Layanan Bedah Jantung

RSUD dr Soetomo Surabaya pun teken nota kesepahaman dengan IJN di Surabaya, Jawa Timur pada Senin, (20/1/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya mendapatkan untuk mengembangkan pelayanan tersier yaitu jantung di Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia.

RSUD dr Soetomo Surabaya pun teken nota kesepahaman dengan IJN Malaysia di Surabaya, Jawa Timur pada Senin, (20/1/2020). Kerja sama ini untuk meningkatkan pelayanan di departemen jantung rumah sakit setempat.

Direktur RSUD dr Soetomo, Joni Wahyuhadi menuturkan, dipilihnya perguruan tinggi asal Malaysia itu karena sudah sangat terkenal baik dalam pendidikan, pelayanan dan penelitian di bidang yang dikerjasamakan.

"RSUD dr Soetomo diberi tugas untuk mengembangkan pelayanan tersier yakni jantung. IJN sudah terkenal di bidang tersebut. Jadi harapannya bisa memberikan pelayanan yang terbaik dengan ada kerja sama ini,” ujar Joni, seperti dikutip dari Antara, Senin (20/1/2020).

Sementara itu, Chief Executive Officer and Senior Consultant Cardiologist National Heart IJN Aizai Azan menuturkan, kerja sama ini berlandaskan pada kesamaan kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasilkan Riset yang Baik

Ia mengharapkan, kerja sama yang dijalin bisa memberi kemudahan, mengingat penanganan yang diberikan tidak akan jauh berbeda.

"Kasus penyakit jantung di Indonesia dan Malaysia ini banyak yang sama. Jadi kerja sama ini pasti banyak menghasilkan riset yang baik,” ujar dia.

Aizai juga memberikan banyak gambaran bagaimana teknologi bedah jantung di IJN. Sebagai rumah sakit khusus jantung paling maju di Malaysia, IJN telah melakukan banyak inovasi dalam teknologi mutakhir seperti pada penyakit jantung berlubang, jantung lemah dan transplantasi jantung.

“Ya banyak teknik baru di IJN seperti jantung berlubang tanpa membedakan yakni dengan pemasangan kateter. Perawatan lemah jantung dengan memasukkan alat berupa PUMB elektrik,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.