Sukses

18 Wisata Alam Pasuruan Paling Hits, Punya Pantai dan Air Terjun Indah

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Pasuruan bisa menjadi alternatif tempat berlibur ketika pergi ke Jawa Timur, atau sedang berada di dekat Surabaya. Pasuruan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kota Surabaya.  

Dengan kondisi geografis wilayahnya yang berada di dataran rendah dan di kelilingi oleh beberapa pegunungan, membuat banyak wisata alam menarik yang bisa kamu kunjungi di Pasuruan. Kabupaten Pasuruan juga berada di kompleks pegunungan Tengger dengan Gunung Bromo merupakan atraksi wisata utama di Kabupaten Pasuruan.

Wisata alam Pasuruan didominasi oleh pantai dan air terjun. Banyak pantai dan air terjun mengagumkan yang dapat kamu kunjungi saat di Pasuruan yang keindahannya tidak kalah dengan pantai di daerah lain. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi kebun raya dan pemandian alami yang menyegarkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/1/2020) tentang wisata alam Pasuruan

2 dari 7 halaman

Pantai Lekok, Air Terjun Gumandar, dan Air Terjun Kakek Bodo

Pantai Lekok

Wisata alam Pasuruan yang pertama adalah Pantai Lekok. Pasir putih kecoklatan jadi daya tariknya. Pantai yang berlokasi di Desa Pangaletan, Jatirejo, Kecamatan Lekok, Pasuruan ini mengeksplor pemandangan yang memukau dan juga wisata bahari. Di sini pengunjung bisa berburu berbagai ikan-ikan segar. 

Hanya perlu membayar tiket seharga Rp 7.500 saja, pengunjung bisa menikmati deru ombak dan angin. Sembari melihat perahu-peahu nelayan di bibir pantainya. Di Pantai Lekok juga sering diadakan acara pertunjukan rakyat.

Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar merupakan wisata alam Pasuruan yang berlokasi di Jalan Raya Ledug, Prigen, Pasuruan. Jika air terjun biasanya memiliki aliran sungai untuk mengaliri air yang jatuh dari atas, Air Terjun Gumandar sedikit berbeda.

Air Terjun Gumandar tidak memiliki aliran sungai. Air yang jatuh dari atas diserap kembali ke tanah dan akan leluar di sekitar pemukiman penduduk.

Air Terjun Kakek Bodo

Wiasta alam Pasuruan selanjutnya adalah Air Terjun Kakek Bodo. Air Terjun Kakek Bodo berada di Jalan Taman Wisata No.541, Prigen, Semeru, Pasuruan. Air terjun ini berada di Lereng Gunung Arjuno.

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya pegunungan. Curug Kakek Bodo sendiri memiliki ketinggian pancur mencapai 40 meter dan airnya bersumber dari aliran Sungai Kaligetik. Konon, curug ini dulunya adalah tempat pertapaan seorang kakek yang disebut kakek Bodo.

3 dari 7 halaman

Pantai Penunggul, Air Terjun Putuk Truno, dan Air Terjun Alap-alap

Pantai Penunggul

Pantai Penunggul adalah pantai yang terkenal dengan pasirnya yang putih. Selain itu, di wisata alam Pasuruan ini kamu bisa menikmati wisata mangrove atau bakau yang memiliki luas 144 hektar.

Pantai berpasir putih ini barada di alamat Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Pasuruan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai ini akan dikenakan tiket seharga Rp 10.000 saja. 

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno berada di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan. Air terjun ini dikenal dengan legenda kisah cinta tak direstui Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari, yang hidup pada era kejayaan Kerajaan Majapahit.

Konon wisata alam Pasuruan ini merupakan tempat Putri Sri Gading Lestari diasingkan agar tidak bertemu lagi dengan sang pangeran. Namun, dengan kekuatan cinta, keduanya dapat bersatu mengalahkan halangan yang melintang. Sampai sekarang, para pengunjung percaya, jika berkunjung ke air terjun Putuk Truno, akan diberkahi cinta yang kekal abadi.

Air Terjun Alap-alap

Air Terjun Alap-alap berada tak jauh dari Air Terjun Kakek Bodo, tepat berada di atasnya. Air Terjun Alap-Alap mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan mempunyai tiga tingkatan.

Medan menuju wisata alam Pasuruan ini cukup curam sehingga tak banyak orang yang menjangkaunya. Namun, keindahan yang disajikan air terjun ini tak dapat diragukan lagi.

4 dari 7 halaman

Pantai Blandongan, Air Terjun Sumber Nyonya, dan Coban Cemoro Gading

Pantai Blandongan

Jika kamu ingin merasakan pemandangan indah dan romantis, Pantai Blandongan bisa menjadi pilihan. Pantai yang buka selama 24 jam ini hanya mematok harga tiket sebesar Rp 5.000. 

Dengan harga yang murah kamu bisa menikmati suasana romantis terutama saat matahari terbenam. Pantai Blandongan menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto dan juga bermain menikmati alam baharinya.

Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya berlokasi di Gunung Sari, Tutur, Pasuruan. Air Terjun Sumber Nyonya mempunyai tinggi pancur sekitar 15 meter. Uniknya, sebelum jatuh ke hulu sungai, pancuran air terjun Sumber Nyonya membentur bebatuan cadas yang ada di badan air terjun.

Ada 3 tingkatan di air terjun ini. Tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 15 m, tingkat dua 7 m dan tingkat tiga setinggi 15 m.

Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading merupakan wisata alam Pasuruan yang berlokasi di Cemorogading, Ngadirejo, Tutur, Pasuruan. Lokasi air terjun ini cukup mudah dijangkau dan memiliki fasilitas lengkap seperti parkir, musala, kamar mandi, hingga rumah makan. Coban Cemoro Gading juga aman untuk bermain air karena kolam airnya yang tidak terlalu dalam.

5 dari 7 halaman

Tambak Bahak, Coban Waru, dan Coban Baung

Tambak Bahak

Tak hanya ingin menikmati keindahan pemandangan alam, di Tambak Bahak pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahan ikan. Sama seperti pantai Blandongan, pantai yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan ini buka 24 jam. 

Cukup dengan bayar Rp 5.000 untuk tiket masuknya, pengunjung bisa melihat air laut yang biru jernih dan juga pasir putih yang memanjakan mata. 

Coban Waru

Coban Waru berada di Taman, Kayu Kebek, Tutur, Pasuruan. Coban Waru mempunyai ketinggian kira kira 25 meter.

Kondisi alam yang sejuk membuat wisata alam Pasuruan ini cocok sebagai lokasi refreshing melepas penat. Coban Waru dikelola secara swadaya oleh warga sekitar dan menjadi destinasi baru di Pasuruan.

Coban Baung

Wisata alam Pasuruan selanjutnya adalah Coban Baung. Coban Baung atau Air Terjun Baung terletak di Taman Wisata Air (TWA) di lereng gunung Baung.

Air terjun ini berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi di sebelah barat dan merupakan pertemuan dua aliran yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.

6 dari 7 halaman

Pantai Kesek, Air Terjun Rambut Moyo, dan Air Terjun Grojogan Limo

Pantai Kesek

Pantai Kesek adalah salah satu pantai yang masih sepi dari pengunjung. Di pantai ini pengunjung bisa melihat banyak kapal nelayan dan pemandangan yang indah di sore hari. Karena masih belum terlalu terkenal, wisata pantai ini buka 24 jam. 

Di wisata alam Pasuruan ini pengunjung bisa menikmati pemandangan perahu-perahu nelayan yang berderet di pinggir pantai. Pemandangannya semakin indah ketika hari mulai senja. 

Air Terjun Rambut Moyo

Air Terjun Rambut Moyo berlokasi di Palangsari, Puspo, Pasuruan. Wisata alam Pasuruan satu ini masih memiliki keasrian yang alami dan indah. Air Terjun Rambut Moyo memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Konon, air terjun ini dulunya merupakan tempat bersemayamnya pertapa bernama Mbah Moyo.

Air Terjun Grojogan Limo

Air Terjun Grojogan Limo berada di Krikilan, Ngembe, Kec. Beji, Pasuruan. Lokasi ini cukup populer di Pasuruan dan menjadi salah satu primadona wisata alam pasuruan. Sesuai namanya, terdapat 5 grojogan kecil di lokasi air terjun ini.

7 dari 7 halaman

Pemandian Banyu Biru, Kebun Raya Purwodadi, dan Danau Ranu Grati

Pemandian Banyu Biru

Wisata alam Pasuruan berikutnya adalah Pemandian Banyu Biru. Hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Pasuruan ke arah selatan, atau bisa ditempuh dalam waktu 30-40 menit, kamu bisa singgah ke Pemandian Banyu Biru yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda.

Selain fasilitas yang cukup lengkap dan suasana alam yang menyejukkan, di kolam ini terdapat ikan-ikan berukuran besar yang konon dikeramatkan. Lokasinya berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi merupakan pusat konservasi tumbuhan di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Lokasinya berada di Jalan Raya Surabaya Malang, Capang, Purwodadi.

Suasananya yang sangat asri membuat tempat ini cocok sebagai pelepas penat. Karena keindahannya, tempat ini juga kerap dijadikan spot foto pre wedding. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi spot wisata air terjun Coban Baung yang tak kalah memesona.

Danau Ranu Grati

Danau yang lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman warga ini memiliki luas sekitar 1.085 hektare. Tempat Wisata Pasuruan ini merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Jawa Timur.

Ranu Grati merupakan danau alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik salah satu gunung berapi. Bentuknya yang menyerupai corong dengan dasar danau yang dalam dan mengandung sedimen mineral, menjadi bukti penguat status Ranu Grati sebagai danau vulkanik.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat wisata pasuruan ini. Mulai dari mengayuh becak air, sepeda air, dan berkeliling dengan boat sambil menyaksikan panorama keindahan alam, hingga memancing atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir danau.