VIDEO: Pemuda di Jombang Raup Omzet Jutaan Berkat Budidaya Ular Piton

VIDEO: Pemuda di Jombang Raup Omzet Jutaan Berkat Budidaya Ular Piton

Meski tidak semua jenis ular memiliki bisa, tetap saja ular, menakutkan bagi sebagian orang. Namun, tidak demikian halnya dengan seorang pemuda di Jombang, Jawa Timur, yang justru membudidayakan beberapa jenis ular piton.

Berbekal kesukaannya terhadap hewan melata itu, peternak ini bisa meraup omzet jutaan rupiah per bulan. Penasaran?

Adalah Rival Arzona, warga Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dengan hobi yang bisa membuat nyali sebagian orang menciut. Ya, beternak ular jenis piton.

Meski berisiko tinggi, tapi berkat kecintaannya terhadap hewan melata ini, membuat Rival Arzona membudidayakan ular peliharaannya di sebuah kandang berukuran 3x5 meter di belakang rumahnya.

Berkat hobi memelihara ular phyton dan aneka jenis lainnya, dalam sebulan, ia mampu meningkatkan populasi ular hingga puluhan jenis. Satu ekor bayi ular dengan motif kulit terbaik bisa dihargai hingga Rp 1 - 2 juta. Sementara, untuk indukan bisa mencapai Rp 5 - 7 juta per ekor.

Dari hobinya ini, Rival mengaku bisa mengantongi keuntungan hingga puluhan juta dari hasil penjualan ular kepada pecinta ular di seluruh daerah di Indonesia. Meski begitu, Rival mengaku hanya menjual ular peliharaannya kepada pecinta ular dan untuk diternak kembali. Sebab, ia mengaku lebih mementingkan peningkatan populasi ular piton, daripada dijual untuk dibunuh dan dikonsumsi.

Rival bertekad, akan terus meningkatkan populasi ular piton, agar banyak masyarakat yang akan lebih mencintai ular phyton, dan bukan hanya melihatnya sebagai hewan buas.

Berikut video lengkapnya pada Fokus, 20 Januari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 January 2020, 14:30 WIB

Video Terkait

Spotlights