Sukses

Kudapan Manis Khas Jawa Timur, Cocok Jadi Oleh-Oleh

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki berbagai suku, ras, agama, dan golongan yang berbeda. Masyarakatnya menyebar ke daerah-daerah yang ada di penjuru negeri.

Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai ciri dan keunikan masing-masing, sehingga kemudian menjadi ciri khas dari daerah tersebut, salah satunya adalah makanan.

Jika berkunjung ke suatu daerah, hendaknya mencicipi makanan khas yang terdapat di daerah tersebut. Tak hanya mencicipi, makanan khas tersebut bisa dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi sanak saudara dan keluarga.

Kali ini Liputan6.com akan membahas mengenai oleh-oleh manis yang khas dari Jawa Timur. Ingin tahu ada apa saja? Simak rangkumannya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Spikoe

Jika Anda sedang berada di Surabaya, jangan bingung mencari oleh-oleh. Spikoe bisa dijadikan pilihan sebagai buah tangan. Di Surabaya terdapat toko yang sudah terkenal menjual Spikoe, yaitu Spikoe Resep Kuno.

Mengutip dari instagram @srk_spikoeresepkuno, Spikoe merupakan kue atau kudapan yang berasal dari Belanda. Spikoe ini mulai berkembang di Indonesia sejak zaman kolonial dan disebut dengan Spekkoek. Spikoe sekarang dikenal juga dengan nama kue lapis.

Pada zamannya, Spikoe dijadikan sebagai kudapan saat perjamuan minum teh oleh bangsawan Belanda. Spikoe dibuat dari adonan tepung dan telur sehingga mempunyai tekstur yang lembut. Jika Anda tertarik untuk membeli Spikoe Resep Kuno ini, Anda bisa menemukannya di Jalan Rungkut Madya 41, Surabaya, Jawa Timur.

2 dari 4 halaman

2. Pudak

2. Pudak

Gresik dikenal sebagai kota yang memiliki industri, tapi siapa sangka jika terdapat banyak makanan di kota santri ini? Salah satu makanan khasnya adalah Pudak atau disebut juga Kue Ope.

Pudak merupakan makanan yang terbuat dari campuran santan kelapa, gula jawa, dan tepung beras yang dikukus hingga matang. Makanan ini mempunyai keunikan, yaitu dibungkus menggunakan pelepah pisang. Selain itu, ada juga pudak yang dibuat dari sagu dan disebut sebagai pudak sagu.

Pudak yang menggunakan gula pasir mempunyai warna putih, sedangkan pudak yang menggunakan gula merah mempunyai warna merah. Pudak mempunyai rasa legit, sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan.

3. Pia Tape

Jika bakpia sering ditemukan di Yogyakarta, maka Anda juga dapat menemukan bakpia di Jawa Timur tepatnya di Jember.

Bakpia pada umumnya mempunyai isian berupa kacang hijau, cokelat, dan keju. Namun, bakpia yang ada di Jember ini mempunyai keunikan, yaitu berisikan tape singkong yang legit.

Bakpia Tape yang berasal dari Jember ini disebut juga dengan pia tape. Pia Tape kulit luarnya berwarna cokelat kekuningan yang lembut. Di Jember, Anda dapat menemukan banyak pusat oleh-oleh yang menjual Pia Tape dengan harga mulai Rp 20.000 per kotaknya.

3 dari 4 halaman

4. Onde-Onde

4. Onde-Onde

Onde-Onde merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Onde-Onde menjadi jajanan yang banyak dijual di beberapa daerah, salah satunya adalah di Mojokerto, Jawa Timur.

Mengutip dari encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, Onde-Onde dalam bahasa jawa ditulis ondhé-ondhé. Jika biasanya Onde-Onde mempunyai bahan dasar campuran dari tepung beras dan tepung ketan, maka berbeda dengan yang ada di Mojokerto karena diberi warna seperti putih, merah, dan hijau.

Dahulunya Onde-Onde berisikan pasta gula merah. Seiring berjalannya waktu, Onde-Onde mempunyai banyak varian seperti cokelat, durian, keju, dan lain-lain.

Onde-Onde mempunyai rasa legit yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, sehingga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh saat berada di Mojokerto.

5. Almond Crispy Cheese

Jika Anda sedang berada di Surabaya dan ingin membawa buah tangan untuk sanak saudara dan keluarga, kudapan ini bisa jadi pilihan, Almond Crispy Cheese.

Mengutip dari Fimela.com, Almond Crispy Cheese menjadi salah satu makanan hits di Surabaya. Almond Crispy Cheese mempunyai tekstur krispi dengan rasa yang manis.

Terdapat pusat oleh-oleh yang menjual Almond Crispy Cheese di Surabaya, yaitu toko Wisata Rasa. Di toko ini Almond Crispy Cheese mempunyai tiga rasa, yaitu original, cokelat, dan green tea. Sudah banyak yang menjual Almond Crispy Cheese di Surabaya, namun rasa dan ukurannya tak sama dengan toko Wisata Rasa. Tak ada salahnya jika Anda menjadikan kudapan ini sebagai oleh-oleh.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading