Sukses

VIDEO: Berdalih Bisa Loloskan Jadi Anggota Polri, Polisi Tangkap 2 Pelaku Penipuan

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah banyak yang terungkap dan pelakunya ditangkap, tapi masih saja ada yang terperdaya. Dua orang wanita di Bojonegoro, berhasil menipu korbannya dengan janji bisa meloloskan menjadi anggota polisi, melalui jalur khusus, asal membayar dengan sejumlah uang.

Namun, aksi penipuannya terungkap. Dua wanita tersebut berinisial FA, warga Malang, serta PRW, warga Sidoarjo. Keduanya ditangkap polisi di sebuah hotel berbintang di kawasan Malang. Meski sempat mengaku tidak menipu, keduanya tetap digelandang ke Mapolres Bojonegoro. 

Mereka diringkus berdasarkan laporan korban, seorang warga yang dijanjikan bisa masuk menjadi anggota Polri, asalkan bisa membayar sejumlah uang. Uang itu menurut tersangka akan digunakan memuluskan jalan korban, menjadi polisi melalui jalur khusus, tanpa melakukan ujian apapun.

Alih-alih lolos menjadi anggota Polri, korban justru dikirimi surat yang berisi pemberitahuan gugur dalam ujian masuk polisi, karena kesalahannya sendiri, dan harus membayar denda yang diistilahkan tersangka sebagai penalti.

Merasa ditipu, korban akhirnya melaporkan kedua pelaku ke polisi. Kapolres Bojonegoro, AKBP Budi Hendrawan mengimbau kepada masyarakat lebih berhati-hati jika ada orang yang menjanjikan bisa memasukkan menjadi anggota polisi, melalui jalur khusus, sebab bisa dipastikan hal itu adalah penipuan.

“Untuk pasal yang dikenakan 378 dan 372 dengan ancaman hukuman 4 tahun, kita berharap penerimaan Polri sistemnya sudah terbuka, sudah transparan penilaiannya semua dilakukan di Polda dan masyarakat tinggal menyiapkan fisik dan kemampuan,” kata AKBP Budi Hendrawan, Kapolres Bojonegoro.

Dua pelaku dibawa ke Mapolres Bojonegoro untuk penyelidikan lebih lanjut. Keduanya dijerat dengan pasal 378 dan 372 KUHP,  tentang Penipuan, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

 

Berikut kita simak videonya pada Fokus, 21 Januari 2020