Sukses

VIDEO: Hanya Punya 3 Siswa, Guru SDN 7 Kare Madiun Tetap Setia Mengajar

Liputan6.com, Jakarta - Sungguh mulia apa yang dilakukan seorang guru Sekolah Dasar di Madiun, Jawa Timur. Hampir setiap hari, dia harus ke rumah salah satu siswanya, di lereng Gunung Wilis, untuk mengajar membaca dan menulis. Hal ini karena jarak sekolah yang cukup jauh, sehingga cuma punya tiga murid. Berikut video inspiratifnya pada program Fokus, 23 Januari 2020.

Beginilah aktivitas Agus Suharno, warga Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, setiap pagi, sejak 6 bulan lalu. Dengan mengendarai motor, pria yang lolos rekrutmen CPNS tahun 2018 lalu, harus menempuh jarak sekitar 30 KM, agar bisa sampai di rumah salah satu siswanya, di lereng Gunung Wilis.

Tepatnya di Dusun Seran, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Selain jauh, jalan yang harus ditempuh sangatlah sulit, sebab Agus yang akan diangkat menjadi PNS Juli 2020, harus melintas di jalan setapak, berbatu dan terjal.

Meski susah, tapi pengabdian sang guru untuk bisa membuat orang lain pintar sungguh luar biasa. Agus harus mendatangi rumah siswanya, karena bangunan SDN 7 Kare, tempat ia mengajar cukup jauh.

Apalagi sejak beberapa tahun lalu, sekolah ini tidak mendapat murid. Ia harus rela mendatangi rumah siswanya untuk mengajar membaca menulis, yang hanya tiga anak, yakni Eko, Bayu, dan Roma.

Butuh ketelatenan dan kesabaran untuk bisa mengajar anak-anak yang seharusnya sudah bisa membaca dan menulis ini. Sebab, tak jarang, Agus harus mencari ketiga muridnya di pagi hari, karena ke hutan mencari rumput. Saat ini, kondisi SDN 7 Kare Madiun sudah lama tidak dijadikan tempat belajar mengajar. Selain karena berada di daerah terpencil, sekolah ini hanya memiliki tiga murid.