Sukses

6 Camilan Unik Khas Jawa Timur, Enak dan Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang paling menarik dari berlibur adalah mencicipi makanan lokalnya. Indonesia merupakan negara dengan sejuta keindahan, suku dan budaya, juga kuliner. Semua wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing yang membedakan daerah satu dengan daerah yang lain. 

Salah satu provinsi yang kaya akan makanan daerahnya adalah Jawa Timur. Selain mempunyai tempat wisata yang keren, Jawa Timur juga memiliki makanan khas daerah yang enak dan bikin ketagihan. Mulai dari kuliner berat hingga camilan unik, semua ada di sini.

Bicara tentang kuliner Jawa Timur, enggak lengkap kalau belum mencoba camilannya. Camilan unik khas Jawa Timur terkenal enak-enak dan bikin ketagihan. Ada banyak sekali kuliner khas Jawa Timur yang enaknya tak kalah dari kue modern.

Walaupun banyak menggunakan gula merah dan juga santan, camilan unik khas Jawa Timur ini dijamin tidak membuat lidah bosan. Berikut 6 camilan unik khas Jawa Timur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/1/2020).

2 dari 7 halaman

1. Otok

Otok adalah camilan unik khas Madura. Uniknya, camilan ini terbuat dari biji kacang panjang yang diolah dan diberi bumbu menjadi camilan yang lezat. Rasanya pedas, manis, gurih, dan renyah.

3 dari 7 halaman

2. Ledre

Ledre merupakan camilan unik khas Bojonegoro. Bentuknya seperti gulungan panjang kue semprong. Dibuat dari bahan tepung beras, pisang raja, gula, telur, dan santan. Rasanya manis beraroma pisang dijamin bikin kamu ketagihan.

Nama Ledre diambil dari salah satu proses pemipihan kue tersebut menjadi lembaran-lembaran yakni 'Ngeledre'. Kue ledre ini terbuat dari campuran tepung beras, pisang, santan dan berbagai bahan lain.

4 dari 7 halaman

3. Kerupuk Upil

Kerupuk upil atau opak upil banyak tersebar di kota-kota di Jawa Timur. Kerupuk upil ini tidak digoreng dengan minyak, tetapi menggunakan pasir. Pasir yang digunakan biasanya adalah pasir yang agak kasar.

Rasa kerupuk ini asin, gurih, cocok dimakan bersama dengan sambal pecel, petis atau sebagai pelengkap makan nasi pecel, dan rujak sayur.

5 dari 7 halaman

4. Brem

Brem merupakan jajanan khas dari kota Madiun. Brem terbuat dari sari tape ketan yang telah difermentasi dan dikeringkan. Rasanya manis dan asam, dan ketika digigit brem akan lumer di mulut. Brem sangat diminati anak muda karena mampu menghilangkan jerawat dan meremajakan kulit.

6 dari 7 halaman

5. Pudak Gresik

Kalau kamu cari cemilan unik khas Jawa Timur yang bikin kenyang, Pudak Gresik bisa jadi pilihan. Cemilan unik khas Gresik ini terbuat dari jagung manis atau tepung beras yang dicampur santan. Kemudian dibungkus menggunakan daun jagung muda. Pudak Gresik ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

7 dari 7 halaman

6. Kue Geti Tulungagung

Pulau Jawa memang terkenal dengan makanan dan camilannya yang manis-manis. Salah satu camilan unik Jawa Timur yang manis adalah Kue Geti Tulungagung. Kue ini dibuat dari campuran kacang tanah, wijen, dan juga gula merah yang kemudian dicetak kotak-kotak.

Loading
Artikel Selanjutnya
PGN Jaga Ketahanan Pasokan Gas di Jawa Timur
Artikel Selanjutnya
Pesan Gubernur Khofifah kepada Masyarakat Desa