Sukses

VIDEO: Bocah 8 Tahun di Jember Miliki Berat Badan 5 Kg, Butuh Penanganan Medis

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah laki-laki di Jember, Jawa Timur, hidup dalam kondisi memprihatinkan. Akibat sakit yang diderita bocah yang kini menginjak usia 8 tahun, hanya memiliki bobot berat badan 5 kilogram.

Ketidakmampuan keluarga untuk membawa berobat ke rumah sakit, kian menambah penderitaan sang bocah. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, (22/1/2020).

Di usianya yang telah mencapai 8 tahun, Yoga Saputra, warga Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Jember, Jawa Timur, ini hanya bisa tergolek lemah di gendongan ibunya. Anak pertama pasangan Suwarno dan Siti Nurkalimah ini memang menderita sakit serius sejak bayi, sehingga tak memungkinkan baginya untuk dapat beraktivitas sebagaimana anak seusianya.

Tak hanya kesulitan bergerak. Secara fisik, kondisi bocah malang ini juga cukup memprihatinkan. Bobot badan yang tak lebih hanya 5 kilogram, membuat tubuh Yoga terlihat begitu kurus dengan bagian tulang yang menonjol. Sakit yang diderita Yoga sebenarnya sudah diketahui sejak 2012 silam. Kala itu sang dokter memvonisnya menderita kelainan syaraf.

Namun, karena ketidakmampuan ekonomi orangtua, membuat anak buruh serabutan ini tidak tertangani secara medis. “Dia batuk terus menerus, kemudian dibawa ke rumah sakit, dan menurut dokter spesialis anak, dia terkena komplikasi,” kata Siti Nurkalimah, Ibu Yoga.

Kedua orangtua Yoga sendiri kini hanya bisa pasrah atas kondisi sang anak, sambil terus berharap ada uluran tangan dari berbagai pihak untuk membantu biaya pengobatan.