VIDEO: Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Laksana Tirai Air Membentang

VIDEO: Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Laksana Tirai Air Membentang

Destinasi wisata air terjun masih menjadi idola banyak wisatawan Nusantara. Salah satunya air terjun Tumpak Sewu, di Lumajang, Jawa Timur.

Tak hanya keindahan air terjun yang membentuk tirai mata air, lokasi sejumlah air terjun lain yang berdekatan, dan kebun wisata petik buah salak menambah daya tarik wisata yang Indonesia punya itu. Penasaran ? Berikut liputan selengkapnya untuk Anda pada Fokus, 22 Januari 2020.

Air terjun Tumpak Sewu ini berada di lereng Gunung Semeru, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Suasana sejuk khas pegunungan, berpadu dengan keindahan air terjun yang bisa dilihat dari lereng Semeru, maupun dari bawah air terjun. Jika dilihat dari atas, atau lereng Semeru, air terjun Tumpak Sewu seolah membentuk sebuah tirai, dengan kedalaman 200 meter.

Untuk sampai ke lokasi, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 25 kilometer, atau 1 jam perjalanan darat dari pusat Kota Lumajang. Tak hanya pengunjung lokal, wisatawan manca negara juga banyak berkunjung ke destinasi wisata yang Indonesia punya itu.

Perlu kesiapan mental dan fisik, sebab akses turun ke dasar air terjun cukup menantang. Namun di sepanjang perjalanan menuju ke dasar air terjun, pengunjung disuguhi keindahan di sepanjang jalur itu.

Seperti destinasi air terjun goa Bidadari, goa Tetes, tebing Perawan dan tebing Nirwana. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berwisata ke kebun salak pondoh, yang juga berada di jalur air terjun Tumpak Sewu.

Menurut pihak pengelola, tidak kurang dari 3.000 wisatawan berkunjung dalam sebulannya, baik wisatawan asing maupun lokal.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 January 2020, 20:00 WIB

Video Terkait

Spotlights