Sukses

Upaya Polisi Amankan Perayaan Imlek di Sidoarjo

Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur pun sterilisasi dan pengamanan di beberapa kelenteng yang ada di wilayah kabupaten setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur menerjunkan 197 personel Polresta Sidoarjo untuk mengamankan tahun baru Imlek pada 2020.

Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur pun sterilisasi dan pengamanan di beberapa kelenteng yang ada di wilayah kabupaten setempat guna memberikan jaminan keamanan serta menciptakan rasa nyaman di Tahun Baru Imlek 2571.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur Kombes Pol, Zain Dwi Nugroho menuturkan, berbagai sudut ruang Klenteng Tri Dharma Tjong Hok Kiong Jalan Hangtuah Sidoarjo diperiksa oleh petugas.

"Selain itu, barang bawaan jemaat, tidak luput dari pemeriksaan dan pengecekan personel Polres Sidoarjo. Tidak hanya di sisi dalam klenteng, sisi luar klenteng juga jadi prioritas sterilisasi," kata dia seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/1/2020).

Sebanyak 197 personel Polresta Sidoarjo, kata dia, disebar untuk mengamankan perayaan tahun baru Imlek tersebut. "Personil pengamanan tersebut juga didukung dari unsur lainnya. Baik dari TNI, Satpol PP, Banser, linmas serta ormas lain," ujar dia.

Ia menuturkan, upaya ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada jemaat yang akan beribadah di kelenteng. "Kami jamin perayaan Imlek di Kabupaten Sidoarjo berjalan aman dan kondusif," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Sidoarjo Bikin Posko Tanggap Bencana di Sungai Porong

Sebelumnya, Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur mendirikan pos komando tanggap bencana di Sungai Porong, Sidoarjo sebagai bentuk antisipasi bencana saat memasuki musim hujan saat ini.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mengatakan, hal itu dilakukan sebagai langkah kesiapan Polresta Sidoarjo memasuki musim hujan.

"Keberadaan posko tanggap bencana sebagai upaya Polresta Sidoarjo bersama instansi terkait bila terjadi banjir di jalan raya Tanggulangin-Porong, serta untuk mengawasi kenaikan air di tanggul lumpur Porong di saat hujan turun," kata dia saat mengecek posko tanggap bencana di jalan raya Porong, Sidoarjo, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 18 Desember 2019.

Ia mengatakan, personel dan alat siaga bencana Polresta Sidoarjo, disiagakan di posko tanggap bencana di Porong ini.

"Bila sewaktu-waktu terjadi banjir maka kami siap dengan segala upaya, termasuk pengalihan arus lalu lintas hingga mengimbau masyarakat agar tidak naik ke atas tanggul," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Ia mengatakan, Polsek jajaran juga telah bersinergi bersama Koramil dan Forkopimka, jika terjadi bencana yang tidak diinginkan. "Misalkan bila terjadi puting beliung, Polresta Sidoarjo bersama instansi terkait telah siap melakukan tindakan tanggap bencana," kata dia.

Di Kabupaten Sidoarjo, kata dia, posko tanggap bencana, selain ada posko tanggap bencana Polresta Sidoarjo di Porong juga ada di wilayah Sidoarjo Kota, yakni posko terpadu tanggap bencana di BPBD Kabupaten Sidoarjo. "Kami akan selalu bersinergi dengan instansi lainnya untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Sidoarjo," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.