Sukses

Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi Tertinggi di Sekar Kijang, Kenapa?

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur tertinggi jika dibandingkan dengan daerah lain di wilayah eks Karesidenan Besuki dan Lumajang (Sekar Kijang) pada 2019

Liputan6.com, Surabaya Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur tertinggi jika dibandingkan dengan daerah lain di wilayah eks Karesidenan Besuki dan Lumajang (Sekar Kijang) pada 2019. Pertumbuhan sebesar 5,86 persen itu berada di atas Situbondo, Jember, Bondowoso, dan Lumajang.

Meskipun demikian, hal ini tidak membuat Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi terlena. Justru ia melihat kondisi ini sebagai tantangan.

“Banyuwangi bisa mencatat kinerja positif di tengah perlambatan ekonomi, tetapi tantangan selanjutnya adalah menjaga tren pertumbuhan ini,” ujar Bupati Anas, seperti yang dikutip dari Antara, di Banyuwangi Minggu (26/1/2020),

Ia mengungkapkan cara menjawab tantangan itu adalah dengan mewujudkan ekonomi inklusif melalui konsep pariwisata berbasis warga. Konsep itu meliputi, pasar-pasar wisata kuliner berbasis rakyat, menumbuhkan sentra ekonomi baru karena investasi industri kereta api PT INKA, Marina Pantai Boom, Jatim Park, serta kehadiran hotel-hotel berbintang baru.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember menggelar Forum Koordinasi Pimpinan Perbankan di Banyuwangi. Kepala Kantor Perwakilan BI Jember, Hestu Wibowo menyampaikan pertumbuhan ekonomi Banyuwangi pada 2019 diperkirakan lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, inflasi Banyuwangi juga terkendali pada level 2,32 persen.

“Kinerja investasi turut mendorong pertumbuhan ekonomi Banyuwangi,” ucap Hestu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.