Sukses

Deklarasi 5 Partai Usung Machfud Arifin di Pilkada Surabaya

Machfud Arifin bersyukur karena telah mendapat dukungan partai dalam Pilkada Surabaya 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Lima partai antara lain PKB, Gerindra, Demokrat, PAN, dan PPP mengusung mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purnawirawan) Machfud Arifin sebagai bakal calon wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2020.

"Permasalahan objektif di Surabaya membutuhkan sosok subjektif dari Pak Machfud Arifin," ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim, Abdul Halim Iskandar, seperti dikutip dari Antara, Minggu (26/1/2020).

Deklarasi itu dihadiri sejumlah fungsionaris partai, di antaranya para pengurus partai, baik elite partai di provinsi maupun di tingkat Kota Surabaya.

Salah satu tim sukses yang digadang akan menjadi ketua tim pemenangan adalah Miratul Mukminin atau Gus Amik juga berada di lokasi. Tak hanya itu sejumlah atribut partai, di antaranya bendera dari kelima partai, terlihat terpasang di lokasi.

Sejumlah satgas dari masing-masing partai juga terlihat berkolaborasi mengamankan jalannya acara. Menurut Halim, permasalahan objektif di Surabaya yang dimaksud adalah persoalan kemiskinan pada 2014—2018 hanya turun 0,91 persen. Belum lagi, bonus demografi di Surabaya yang tentunya banyak lapangan pekerjaan.

"Pengangguran di Surabaya pada tahun 2017  sekitar 80.000. Akan tetapi, pada tahun 2019 naik menjadi 90.000-an. Tentunya ini membutuhkan sentuhan dari sosok pemimpin seperti Pak Machfud Arifin ini," ujar dia.

Tidak hanya itu, lanjut dia, sosok subjektif dari Machfud Arifin saat ini memiliki tiga putra yang semuanya sudah bekerja. Begitu halnya dengan istrinya juga sudah bekerja sendiri. "Jadi, ketika jadi wali kota tidak akan diganggu," kata Halim yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, Machfud Arifin bersyukur karena telah mendapat dukungan partai, yakni PKB (5 kursi), Gerindra (5 kursi), Demokrat (4 kursi), PAN (3 kursi), dan PPP (1 kursi).

"Minimal persyaratan sudah terpenuhi (10 kursi). Sejauh ini sudah lima partai yang fixed dan sisanya menyusul. Tidak menutup kemungkinan beberapa partai lain akan menyusul memberikan dukungan," kata Machfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.