Sukses

Ini Pemenang Duta Daerah Banyuwangi 2020

Duta derah tidak lagi hanya berkaitan dengan paras wajah yang cantik atau ganteng, melainkan harus bisa menyampaikan budaya derahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Banyuwangi, Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas mengemukakan, pemilihan Duta Daerah Banyuwangi atau pemilihan Jebeng Thulik adalah peserta yang memiliki pengetahuan yang baik dan dapat menjelaskan tentang budaya serta kemajuan kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Saat ini pemilihan duta daerah sudah berubah paradigmanya, sudah bukan lagi memilih yang hanya memiliki paras yang cantik, tapi yang memiliki ilmu pengetahuan yang baik dan lebih tentang Banyuwangi," kata Bupati Anas, dalam sambutannya di acara Grand final pemilihan Duta Daerah Banyuwangi 2020 di Gesibu Blambangan Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu malam, 25 Januari 2020.

Banyuwangi saat ini telah jauh berubah, lanjut dia, banyak mendapat apresiasi dari berbagai negara, dan bahkan undangan dari berbagai daerah hingga luar negeri, dilansir dari Antara.

"Saya berharap, yang terpilih sebagai Duta Daerah Banyuwangi 2020, dapat menjelaskan kemajuan yang telah banyak diraih oleh Banyuwangi. Tugas kalian mengabarkan berita baik tentang Banyuwangi, serta membangun image positif," kata Anas kepada peserta Jebeng Thulik.

Jebeng dalam bahasa Using (Suku asli Banyuwangi) memiliki arti anak perempuan, dan Thulik panggilan untuk anak laki-laki.

Babak final pemilihan Duta Daerah Banyuwangi 2020 berlangsung meriah, ratusan masyarakat, pemuda dan pelajar menyaksikan secara langsung pemilihan duta daerah itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

36 Finalis

Sebanyak 36 finalis putra putri daerah terbaik mengikuti acara pemilihan Duta Daerah Banyuwangi 2020. Pada tahun ini yang terpilih menjadi Jebeng Thulik Duta Daerah Banyuwangi 2020, yakni Valencia Aurelia (Jebeng) dari SMAN 1 Genteng, dan Hikam Fajar Ramadhan (Thulik) asal MAN 2 Banyuwangi.

Untuk wakil 1 Jebeng dan Thulik diraih oleh Talita Diva Jacinda serta Rizal Ihza Mahendra, dan wakil 2 Jebeng Thulik, disabet Adina Mutiara Kurniawan dan Angga Nur Azizy.

Sebelum penjurian final, acara ini diawali dengan meras jebeng thulik, yakni prosesi wisuda dan pengesahan bagi jebeng thulik, dan dilanjutkan dengan penampilan tari khas Banyuwangi yang dibawakan seluruh finalis.

Ada sembilan duta daerah yang turut dilantik dalam acara ini, di antaranya duta pelayanan publik, duta pengairan, duta bahari, duta infrastruktur, duta kesehatan, duta pertanian dan duta lingkungan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.