Sukses

4 Agrowisata Durian Jatim, Rekomendasi Liburan Paling Nikmat

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah negara dengan pilihan buah tropis yang melimpah ruah. Khsusunya buah durian yang nikmat itu. Tak hanya di Pulau Sumatera yang terkenal dengan buah duriannya, di Jawa Timur pun terdapat sejumlah perkebunan yang menghasilkan durian dengan kualitas terbaik.

Mulai dari ujung paling timur pulau Jawa, tepatnya di Banyuwangi hingga ke daerah selatan Jawa Timur, Trenggalek, ada perkebunan durian. Anda tidak perlu bingung mau pilih yang mana, karena agrowisata durian ini menyentuh hampir seluruh wilayah Jawa Timur.

Buah yang kulitnya keras namun beraroma nikmat ini memiliki banyak jenis dan spesiesnya. Di Indonesia sendiri, terdapat 20 spesies anggota Durio yang secara kesluruhan berjumlah 30. 9 di antaranya dapat dimakan, dikutip dari berbagai sumber, Senin (27/1/2020).

Durian merupakan buah musiman yang kini bisa dipanen dua kali dalam setahun menyusul banyaknya permintaan pasar. Sebelumnya, tanaman ini hanya bisa dipanen sekali dalam setahun.

Untuk memilih buah durian yang baik dan berkualitas, dibutuhkan pengalaman dan keahlihan tertentu. Namun sekarang, memilih buah durian tergolong lebih mudah, sebab para penjual umumnya mau membelah untuk mengetahui isinya sebelum dibeli.

Namun, apabila Anda berada di kebun, dan harus memilih sendiri, maka hal itu tidak lah mudah. Diperlukan keahlian yang mempuni sehingga Anda dapat dengan piawai memilih buah durian yang manis dengan isi yang banyak. Kalau sudah menyerah, tunggu saja hingga terjatuh. Pasti manis.

 

2 dari 4 halaman

1. Agrowisata Bhakti Alam, Pasuruan

Agrowisata Bhakti Alam ini berada di jalan Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur. Wisata ini unggul dengan kesejukan alamnya. Pohon duriannya yang lebat, membuat pengunjung semakin tergoda.

Tempat ini berbasis wisata edukasi dengan slogan “fun fruity and education”. Membawa anak tentu cocok ke sini. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhi beberapa buah lain seperti kelengkeng, melon, buah naga, belimbing dan jambu air.

2. Desa Wisata Durensari, Trenggalek

Durensari berada di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Banyak wisatawan yang datang ke sini berburu durian. Tempatnya yang asri membuatnya asik dijadikan tempat presir bareng keluarga.

Di tempat ini, pengunjung diperbolehkan makan durian yang jatuh dari pohonnya. Syaratnya harus habis. Jika ingin membawanya pulang, pengunjung diharus merogo kocek lagi. Makanya, mumpung di sana, puas-puaskan makan durian.

 

3 dari 4 halaman

3. Kampung Durian Songgon, Banyuwangi

Kampung Durian ini berada di Dusun Sembawur, Desa Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Tak tanggung-tanggung, di kebun yang baru diresmikan pada 2018 ini terdapat 4.000 pohon durian yang terdiri dari durian kuning, durian merah, oranye, dan pelangi.

Tak cuma menyediakan pohon durian, tempat yang dialiri sumber air ini tumbuh tanaman selada air yang indah. Bahkan sang pemilik menyediakan sejumlah gubuk di bawah pohon. Tujuannya agar pengunjung langsung bisa menyantap durian di tempat.

4. Kebun Durian Wagir, Malang

Kebun durian ini berada di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mungkin ini yang paling luas dibanding yang lain, yakni berdiri di atas tanah seluar kurang lebih 1000 meter persegi. Keunggulannya, durian di tempat ini sangat manis.

Keunggulan kedua, pengunjung bisa mengelus-elus durian yang masih menempel di pohon. Pasalnya, pohon durian di sini umumnya tidak terlalu tinggi. Tidak hanya mengelus, pengunjung juga bisa memetik dan menikmatinya secara langsung.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading