Sukses

Ramai Muncul Kerajaan Baru, Ini Tanggapan Dosen Unair

Di tengah derasnya arus modenisme segelintir masyarakat masih meyakini unsur magis dan keinginan membangkitkan kejayaan nusantara seperti dulu.

Liputan6.com, Surabaya - Dosen Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) Adrian Perkasa angkat bicara soal maraknya fenomena kemunculan keraton atau kerajaan fiktif di Indonesia, seperti Keraton Agung Sejagat. Dia menghubungkan fenomena tersebut dengan perspektif revivalisme.

"Saya pikir dan pas sekiranya kita menganalisis fenomena tersebut dengan konsep revivalisme,” tutur dia, Senin, 27 Januari 2020. 

Adrian menyampaikan, revivalisme menurut Henley dan Davidson (2008) yaitu ide akan kebangkitan kejayaan suatu masa keemasan kerajaan pada masa lalu. Adrian menuturkan, munculnya istilah revivalisme berawal dari tradisi kemudian berkembang hingga kini.

"Kemunculan revivalisme di Indonesia akhir-akhir ini sangat berkaitan dengan perkembangan pasca-reformasi,” ujar dia.

Adrian melanjutkan, sebenarnya fenomena itu sudah mengemuka secara massif sejak lunturnya otoritas yang sentralistik. “Pada awalnya, reformasi menunjukkan optimisme terhadap perubahan ke arah yang lebih baik justru menghasilkan tatanan yang dianggap lebih kacau,” imbuhnya.

Di tengah derasnya arus modenisme segelintir masyarakat masih meyakini unsur magis dan keinginan membangkitkan kejayaan nusantara seperti dulu.

Fenomena itu muncul tak hanya di Jawa. Contohnya di Sumbawa tiba-tiba muncul kerajaan yang terdapat masyarakat adat. Pendukung kerajaan tersebut bukanlah masyarakat adat, justru perusahaan besar.

"Kita bisa lihat bahwa revivalisme semacam ini rentan ditunggangi oleh tokoh-tokoh yang sengaja ingin memanfaatkan keyakinan orang-orang tertentu,” ujar dosen yang pernah menempuh studi S1 Hubungan Internasional itu.

Hal itu merupakan kesempatan besar bagi beberapa tokoh tertentu untuk berkuasa, mencari uang, atau menungganginya untuk kepentingan ekonomi, politik, dan lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Pendorong

Terdapat berbagai faktor masyarakat Indonesia yang rentan percaya terhadap kerajaan fiktif tersebut. Pertama, meyakini kepercayaan dengan sungguh, masih percaya akan adanya unsur magis dari seorang tokoh. Kedua, karena faktor struktural, situasi pasca-reformasi dianggap lebih kacau sehingga banyak orang mencari alternatif.

"Fenomena ini mirip dengan maraknya orang-orang yang berobat di pengobatan tradisional dari pada pengobatan mengikuti ilmu medis yang berkembang. Mencari jalur alternatif lain,” ujar Adrian.

Meski demikian, Adrian menyayangkan penangkapan Raja dan Ratu KAS tersebut. Menurut dia, belum tentu mereka melakukan tindakan pidana. “Jika korban merasa tertipu tinggal dilaporkan saja, tinggal pihak berwajib mengusutnya,” ujarnya.

Menyikapi fenomena tersebut, Adrian menyarankan masyarakat untuk meningkatkan literasi, tidak mudah menertawakan atau memviralkan, dan juga harus melibatkan peran sejarawan.

"Sekali lagi sejarawan juga harus sering tampil ke publik, karya-karyanya juga harus dikonsumsi untuk masyarakat,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.