Sukses

Sederet Kegiatan Meriahkan Surabaya pada 2020, Wajib Catat dan Kunjungi

Berikut adalah beberapa acara yang ada di Surabaya, Jawa Timur pada 2020, wajib catat.

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kota ini terletak di provinsi bagian timur dari Pulau Jawa. Kota ini dijuluki sebagai kota pahlawan dan sejuta taman.

Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya memajukan kota ini dalam segala sektor di semua bidang. Dari mulai pendidikan, ekonomi, sampai kebudayaan. Di Surabaya juga sering diadakan festival sebagai ajang memperingati sesuatu atau menjadi hiburan bagi warganya.

Mengutip dari instagram @surabayasparkling, ada beberapa rangkaian acara yang akan digelar di Surabaya, kususnya festival. Ingin tahu akan ada acara saja di Surabaya pada tahun 2020? Simak rangkumannya, Rabu (28/1/2020):

1. Festival Rujak Uleg

Festival Rujak Uleg adalah rangkaian festival yang diadakan rutin setiap tahun di Surabaya. Festival ini merupakan ajang pelestarian salah satu kuliner khas Indonesia, yaitu rujak. Selain itu di Surabaya juga terdapat kuliner rujak yang khas, yaitu rujak cingur.

Mengutip dari laman web surabaya.go.id, Festival Rujak Uleg pada 2019 di Surabaya ini memecahkan dua Rekor MURI, yaitu cobek terbesar dan peserta terbanyak.

Cobek yang digunakan berdiameter 250 cm, berat 1,5 ton, tinggi 30 cm, dan tinggi dudukan cobek 140 cm. Peserta yang hadir pada Festival Rujak Uleg 2019 sebanyak 1.692 orang. Pada 2020, Festival Rujak Uleg diadakan di Surabaya pada 5 April 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Surabaya Vaganza

2. Surabaya Vaganza

Surabaya Vaganza merupakan festival yang diadakan sebagai parade budaya dan mobil hias yang diadakan di jalan raya di Surabaya.

Mengutip dari laman web humas.surabaya.go.id, dalam Surabaya Vaganza mobil-mobil dihias dengan ornamen berwarna-warni dengan desain yang unik. Selain itu, dalam Surabaya Vaganza peserta menggunakan kostum dan mengarak mengelilingi beberapa titik di Surabaya. Surabaya Vaganza tahun ini akan digelar pada 12 April 2020.

3. Surabaya Cross Culture Festival

Surabaya Cross Culture Festival adalah festival seni lintas budaya. Acara ini menjadi salah satu agenda tahunan yang ada di Surabaya.Festival ini diadakan guna mempererat hubungan peradaban antara Indonesia dengan negara-negara lain.

Oleh karena itu, dalam Surabaya Cross Culture Festival pesertanya berasal dari berbagai negara. Pada 2013, festival ini dihadiri oleh 13 negara, yaitu Jepang, India, Bulgaria, Uzbeskistan, Polandia, Rusia, Timor Leste, Thailand, Meksiko, Republik Ceko, Italia dan dua kota sister city Busan dan Guangzhou. 

Tak hanya dari luar negeri, peserta festival ini juga mengundang 5 kota dalam negeri, yaitu Jawa Barat, Kota Bagai-Sulawesi Tengah, Kota Solok-Sumatera Barat, Bali dan Pangkal Pinang-Bangka Belitung.

Pada tahun ini Surabaya Cross Culture Festival diadakan pada 5 – 9 Jui 2020. Biasanya festival ini menampilkan ciri khas budaya masing-masing negara atau daerah tersebut.

4. Parade Surabaya Juang

Surabaya mempunyai julukan, yaitu “Kota Pahlawan”, maka tak heran jika Surabaya mengadakan festival yang berkaitan dengan Hari Pahlawan.

Parade Surabaya Juang menjadi salah satu rangkaian acara yang akan diadakan tahun ini. Biasanya, parade ini menjadi rangkaian akhir kegiatan ketika memperingati Hari Pahlawan sebelum dipuncaki upacara pada 10 November.

Pada 2019, tema yang diambil dalam Parade Surabaya Juang adalah “Wira Bangsa” atau pahlawan bangsa. Acara ini diadakan dengan tujuan menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme bagi generasi penerus. Tahun ini Parade Surabaya Juang akan diadakan pada 8 November 2020.

Jika Anda berencana mengunjungi Surabaya, jangan lupa catat tanggal-tanggal tersebut agar Anda dapat mengikuti serangkaian acaranya dan terus ikuti info-infonya melalui web atau media sosial kota Surabaya.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.