Sukses

RSUD Sidoarjo Rawat TKI Asal Hong Kong, Kondisi Suhu Badan Membaik

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo Jawa Timur merawat intensif pasien, tenaga kerja Indonesia (TKI) usai pulang dari Hong Kong. Perawatan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dari luar negeri.

Direktur Utama RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan menuturkan, kondisi pasien 21 tahun yang baru pulang dari Hong Kong itu sudah berangsur membaik.

"Kemarin suhu badannya sempat mencapai 38,8 derajat Celcius. Kemudian saat dirawat di IGD menjadi 37,6 derajat Celcius. Pagi tadi menjadi 36 derajat Celcius," kata dia, seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/1/2020).

Ia mengatakan, pasien yang dirawat itu saat ini ditempatkan di ruangan isolasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saat diperiksa pasien itu mengalami sesak nafas, karena nangis terus kangen sama orangtuanya. Apalagi dia di rawat di ruang isolasi seperti itu, sehingga kondisi psikologisnya menurun," kata dia.

Ia mengatakan pasien itu juga dilakukan cek laboratorium untuk membuktikan apakah pasien terkena virus corona atau tidak.

"Untuk membuktikan apakah ada virus corona tersebut. Kemungkinan hasil laboratorium itu membutuhkan waktu dua hari," ujar dia.

Ia mengatakan, penanganan pasien di RSUD Sidoarjo ini dibentuk tim, melibatkan empat dokter.

"Ruangan ini khusus dalam penyekatannya seperti sirkulasi udara dari dalam tidak bisa keluar sembarangan. Udara dari dalam keluar melalui alat khusus ke udara bebas," kata Atok Irawan.

Sebelumnya, RSUD Sidoarjo menerima pasien TKI usai pulang dari Hong Kong, dengan diantarkan oleh PJTKI pada Senin,27 Januari 2020.

2 dari 3 halaman

RSUD Sidoarjo Terima Pasien Rujukan dari KKP Bandara Juanda

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo, Jawa Timur, membenarkan menerima seorang pasien rujukan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Juanda, Surabaya, yang sedang sakit.

Humas RSUD Sidoarjo, M Idham menuturkan, pasien yang diterima itu berjenis kelamin perempuan dan dirujuk ke RSUD Sidoarjo sekitar pukul 09.00 WIB.

"Memang benar ada pasien yang dirujuk. Jenis kelamin perempuan," kata dia saat dihubungi melalui sambungan telepon di Sidoarjo, Senin, 27 Januari 2020.

Ia mengemukakan, saat ini pihaknya masih observasi di ruangan isolasi IGD rumah sakit setempat. "Hasilnya baru akan diketahui besok pagi sekitar pukul 09.00 WIB," tutur dia, seperti dikutip dari Antara.

Idham masih belum bisa memberikan data secara rinci pasien yang dirujuk, tetapi yang jelas seorang tenaga kerja Indonesia (TKI). "Datanya yang pegang dari PJTKI," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading