Sukses

VIDEO: RSUD dr Soetomo Tangani WNA Asal China Belum Penuhi Suspect Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga negara asing (WNA), asal China menjalani perawatan intensif di Ruang Isolasi Khusus di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Wanita yang berprofesi sebagai guru bahasa Mandarin di sebuah lembaga pendidikan tersebut mengeluhkan flu dan batuk yang dialami seminggu terakhir.

Dikhawatirkan suspect virus corona, wanita tersebut menjalani pemeriksaan medis secara detil, karena sebelumnya pada awal Januari ke China.

Wanita asal China tersebut datang ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya pada 26 Januari 2020. Guru bahasa Mandarin tersebut memeriksakan kesehatannya, karena mengalami batuk-batuk dan pilek selama seminggu belakangan ini.

Tim dokter RSUD Dr. Soetomo bergerak cepat membawa ke ruang isolasi khusus dan memeriksa secara intensif, karena dikhawatirkan yang bersangkutan terinfeksi virus corona, yang saat ini tengah mewabah di Wuhan, dan sejumlah negara di dunia.

Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Dr. Joni Wahyuhadi menegaskan, pihaknya telah memeriksa terhadap pasien WNA China tersebut secara hati-hati, karena dia pernah kembali ke negeri asalnya pada 5 Januari 2020. Namun, dalam pemeriksaan sementara, sejauh ini WNA China tersebut belum suspect virus corona, melainkan menderita bronchitis.

"Setelah dievaluasi, mulai kemarin hingga pagi ini, memang status pasien ini belum memenuhi untuk suspect corona virus,” kata Dr. Joni Wahyuhadi, Dirut RSUD Dr. Soetomo.

Meski begitu, pihak rumah sakit milik Pemprov Jawa Timur ini masih uji laboratorium secara mendetail untuk memastikan yang bersangkutan terinfeksi virus corona atau tidak. Hasil uji lab tersebut diperkirakan baru diketahui tiga hari mendatang. Demikian dilansir pada program Fokus, 28 Januari 2020.