Sukses

VIDEO: Unesa Upayakan Kepulangan 10 Mahasiswa yang Masih Ada di Wuhan

Liputan6.com, Jakarta - Terkait kondisi belasan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang saat ini sedang belajar dan terisolasi di Wuhan, China akibat serangan virus corona.

Rektorat Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terus berkoordinasi dengan pihak KBRI, guna memastikan kondisi kesehatan para mahasiswanya dalam keadaan sehat. Pihak kampus kini tengah mengupayakan kepulangan 10 mahasiswanya ke Indonesia. 

Untuk memastikan kondisi mahasiswanya di Wuhan, China, Prof. Dr. Nurhasan, Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) langsung berkomunikasi panggilan video dengan dua orang mahasiswanya. Mahasiswa Unesa yang saat ini tengah diisolasi, dalam keadaan baik dan sehat.

Kondisi kesehatan sejumlah mahasiswa Unesa Surabaya yang saat ini belajar di Central China Normal University di Kota Wuhan, China dipastikan dalam keadaan sehat. Namun, kondisinya masih terisolasi. Selain aktivitasnya dibatasi, harga kebutuhan pokok di Wuhan juga naik tajam.

Dari 12 mahasiswa yang saat ini tengah menempuh studi dengan beasiswa, dua orang mahasiswa yang berasal dari Jawa Timur sudah dipulangkan. Sementara 10 mahasiswa masih berada di Wuhan, China. Saat ini Rektor Unesa terus berkoordinasi dengan pihak KBRI di Beijing serta Kementerian Luar Negeri untuk mencari solusi tentang proses pemulangan mereka.

Sementara pihak Unesa juga berpesan kepada para mahasiswa yang berada di Wuhan untuk membatasi aktivitasnya, dan selalu menjaga stamina serta menghindari keramaian agar terhindar dari penularan virus corona.

“Himbauannya agar hati-hati, selalu pakai masker kalau ingin keluar dan menghindari tempat keramaian,” kata Prof. Nurhasan, Rektor Unesa.

Hingga saat ini pihak kampus Unesa, KBRI dan Kementerian Luar Negeri masih terus mengupayakan kepulangan 10 mahasiswa Unesa yang kini masih terisolasi di Wuhan, China.

Berikut video liputannya pada Fokus, 28 Januari 2020