Sukses

Ingin Jelajahi Jawa Timur pada 2020? Jangan Lewatkan 400 Kegiatan Budaya Ini

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beragam kebudayaan dan tradisi. Hal tersebut sudah diwariskan dari pendahulu kepada para penerusnya. Budaya dan tradisi tersebut terus dikembangkan ke tiap-tiap generasinya, sehingga tidak terputus dan terus diwariskan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, hal-hal mengenai budaya dan tradisi dikemas dalam bentuk kegiatan seperti festival dan karnaval.

Mengutip dari Antara ditulis Rabu (29/1/2020), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Sinarto mengatakan, terdapat 420 kegiatan budaya dan pariwisata yang diselenggarakan di Jawa Timur.

“Sejumlah event antara lain bentuknya festival, karnaval, upacara tradisi keagamaan atau masyarakat, lomba, pergelaran kesenian, dan lainnya,” kata Sinarto.

Hal senada dikatakan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam akun instagramnya @khofifah.ip pada Selasa, 28 Januari 2020. Ia menulis, kalau ada ratusan kegiatan yang bakal digelar di Jawa Timur.

"Setahun ke depan sudah ada rencana travelling kemana bareng dia, teman atau keluarga? Kalau masih bingung, jelajahi saja Jawa Timur, karena di tahun 2020 ini ada 425 lebih event yang bakalan ngemanjain kamu banget, selain berbagai destinasi wisata yang tidak ada duanya," tulis dia.

"Tunggu apalagi?Kuy, rencanakan liburanmu jauh-jauh hari, mumpung masih awal tahun biar acara travellingmu lebih berkesan dan berkualitas," ia menambahkan.

Sinarto merincikan, 420 kegiatan yang akan diselenggarakan di Jawa Timur dibagi menjadi dua, 318 kegiatan bentuk nonfestival dan 102 kegiatan bentuk festival.

Kegiatan yang akan diselenggarakan di Jawa Timur pada 2020 antara lain "Delta Carnival" di Sidoarjo, "Festival Kenduren Durian" di Jombang, “Majapahit International Travel Fair” di Surabaya, “Gebyar Labuhan Sarangan” di Magetan, “Festival Semeru” di Lumajang, “Festival Jaranan” di Trenggalek, dan masih banyak lagi.

 

2 dari 3 halaman

Kegiatan Lainnya

Selain itu terdapat tujuh kegiatan yang dinyatakan lolos seleksi tim kurator Kementrian Pariwisata dan masuk dalam 100 National CoE Indonesia 2020, yaitu “Banyuwangi Ethno Carnival”, “Jazz Gunung Bromo”, “Jember Fashion Carnaval”, “Malang Flower Carnival”, “International Tour de Banyuwangi Ijen”, “Grand Final Kerapan Sapi”, dan “Gandrung Sewu”.

Dengan diadakannya serangkaian kegiatan yang profesional ini, pihaknya berharap agar hal itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan berdampak kepada perekonomian warganya.

"Semisal, peningkatan tingkat hunian akomodasi, penjualan makanan dan minuman, peningkatan kunjungan daya tarik wisata (DTW) di sekitar event, cinderamata, transportasi, hingga jasa pramuwisata," kata dia.

Kegiatan yang digelar di Jawa Timur ini akan ada peluncuran kalender wisata yang dibarengi dengan “East Java Culture and Tourism Award 2019” guna menjadi referensi untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Jawa Timur.

 

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini