Sukses

Warga di Gresik Antre Urus KTP Elektronik

Kepala Disdukcapil Gresik Khusaini menuturkan, antrean warga mengurus KTP-elektronik itu terjadi sejak pertengahan Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gresik, Jawa Timur menerima sekitar 500 pemohon untuk mengurus KTP-elektronik.

Kantor Disdukcapil Kabupaten Gresik, Jawa Timur pun “diserbu” warga yang antre sejak pagi. Hal ini karena ada awal 2020, instransi itu mendapatkan kuota 8.000 blanko.

Kepala Disdukcapil Gresik Khusaini menuturkan, antrean warga mengurus KTP-elektronik itu terjadi sejak pertengahan Januari 2020. Pihaknya telah meningkatkan pembatasan pemohon yang awalnya 200, kini per hari bisa mencapai 450-500 pemohon, sehingga terjadi antrean.

"Kondisi membeludak ini baru terjadi akhir-akhir ini saja. Dibanding hari biasanya yang hanya 200 hingga 300 pemohon, kini mencapai 500 pemohon. Pemohon baru atau pemegang surat keterangan kini juga boleh mencetak blangko KTP-elektronik," ujar dia.

Khusaini belum bisa memastikan apakah akan diberi lebih banyak dari 8.000 keping atau sama pada Februari 2020, sebab hal itu akan mempengaruhi jumlah pemohon yang mengantre.

"Kami mengajukan lebih banyak setiap bulan agar setiap warga bisa mendapatkan KTP-elektronik, sebab saat ini ada ada 40 ribuan warga pemegang surat keterangan belum mendapatkan KTP-elektronik, dan blanko itu kewenangan pemerintah pusat," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antre Pemohon KTP Elektronik

Sebelumnya, ratusan pemohon KTP-elektronik mendatangi kantor Disdukcapil setempat dengan membawa surat keterangan sejak pagi di Jalan KH Wakhid Hasyim No 17, Bedilan, Kebungson, Kecamatan Gresik.

Warga harus antre menunggu giliran masuk ke dalam pelayanan Disdukcapil melalui nomor antrean yang disiapkan.

Salah satu warga, Anggun Kusuma, mengaku prosesnya cukup lama karena harus antre, dan dia hanya bisa melihat dari luar ruang layanan sebab para pemohon membeludak.

Anggun mengaku terpaksa pulang, dan akan kembali Kamis, 30 Januari 2020 untuk mendatangi lebih pagi, agar tidak antre terlalu banyak dan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.