VIDEO: RS di Jember Rawat Pasien Pulang dari China, Alami ISPA Biasa

VIDEO: RS di Jember Rawat Pasien Pulang dari China, Alami ISPA Biasa

Seorang warga Jember, Jawa Timur, harus menjalani pemeriksaan intensif di rumah sakit akibat mengalami gejala ISPA. Merujuk pada riwayat pasien yang diketahui baru beberapa hari lalu pulang dari China, sempat memunculkan indikasi suspect corona, dan langsung dilakukan pemeriksaan laboratorium oleh tim dokter setempat. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 29 Januari 2020.

Warga di Jember, Jawa Timur, Selasa pagi dihebohkan dengan temuan kasus dugaan penderita virus corona yang menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit swasta di Jember.

Informasi tersebut beredar melalui pesan berantai media social, sehingga menciptakan kekhawatiran. Pihak rumah sakit menyatakan jika pasien yang dimaksud adalah seorang pria yang menjalani perawatan pada 25 Januari, dengan gejala mengalami infeksi saluran pernafasan atas, atau ISPA.

Merujuk pada riwayat pasien yang diketahui baru beberapa hari lalu pulang dari China, pihak rumah sakit sempat melakukan penanganan medis sesuai standar bagi penderita suspect virus corona. Namun, setelah diobservasi termasuk pemeriksaan laboratorium, pasien dinyatakan hanya menderita ISPA biasa, dan langsung diperbolehkan untuk pulang.

"Jadi kami memang melakukan kewaspadaan, karena ada riwayat traveling ke China," kata dr. Bayu Angga Dewa, Kadiv Bisnis dan Pengembangan RS Siloam, Jember.

Namun, pihak rumah sakit masih terus memberikan observasi lanjutan kepada yang bersangkutan, di tengah merebaknya virus corona, pihak rumah sakit tersebut telah menyiapkan 4 ruang isolasi khusus, yang diperuntukkan bagi pasien dengan penyakit menular.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 31 January 2020, 07:30 WIB

Video Terkait

Spotlights