VIDEO: 13 Mahasiswa Asal Lumajang Studi di China, Pemerintah Pantau Kondisinya

VIDEO: 13 Mahasiswa Asal Lumajang Studi di China, Pemerintah Pantau Kondisinya

Belasan mahasiswa asal Lumajang, Jawa Timur yang menempuh pendidikan di China masih berada di sekitar kampusnya.

Di tengah merebaknya virus corona, dan kebijakan isolasi dari negeri tirai bambu itu. Sementara Presiden Jokowi memastikan pemerintah memberikan perlindungan maksimal, serta memenuhi suplai logistik ke seluruh mahasiswa Indonesia di China.

Ada 13 mahasiswa asal Lumajang, Jawa Timur yang belajar di sembilan kampus di China. Dari ke-13 mahasiswa itu, salah satunya adalah Laila Fakhriyatuz Zakiyah (21), asal Desa Kalipenggung, Kecamatan Randu Agung. Meski ingin anaknya dan mahasiswa lain bisa dipulangkan ke Indonesia, orangtua Laila, Muhammad Lutfi dan Musdalifah hanya berharap anak pertama mereka sehat dan dijauhkan dari virus corona.

Laila yang menempuh pendidikan S-1 di Hubei Polytechnic University, Huangshi, Provinsi Hubei, China tak bisa pulang karena pemerintah setempat membatasi aktivitas mereka di sekitar kampus. Asrama kampus Laila sendiri berada di daerah Huangshi, atau 90 kilometer dari Wuhan, pusat penyebaran virus. Berikut video liputannya pada Fokus, 29 Januari 2020.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke PT. PAL Indonesia di Surabaya, mengatakan pemerintah berupaya maksimal memberikan perlindungan, serta mencukupi kebutuhan logistik para WNI yang saat ini masih tertahan di Tiongkok.

Pemerintah melalui KBRI juga terus berkomunikasi dengan para WNI yang masih terjebak di negeri tirai bambu tersebut, untuk mengetahui kondisi terkini mereka. Meskipun aturan untuk masuk ke negara tersebut agak sulit dilakukan, termasuk upaya mengevakuasi WNI yang masih terkendala aturan isolasi oleh pemerintah Tiongkok.

Presiden juga menghimbau agar warga tidak panik terlalu berlebihan akan merebaknya virus corona. Namun demikian, warga diharapkan tetap waspada terhadap gejala maupun potensi penyebaran virus tersebut.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 February 2020, 00:48 WIB

Video Terkait

Spotlights