Sukses

VIDEO: Mencicipi Telur Teh Khas China Sajian Saat Imlek

Liputan6.com, Jakarta - Masih dalam suasana Imlek, banyak menu kuliner khas Tionghoa yang bisa dihidangkan. Namun, beberapa namanya masih asing di telinga kita, seperti menu telur teh.

Tak hanya lezat dan menyajikan sensasi rasa berbeda, menu kuno ini juga sehat karena kandungan anti oksidan dalam teh. Selain telur teh ada juga kue apem yang diolah dari buah naga dan tape singkong yang cocok dinikmati bersama teh telur. 

Ragam menu khas Tionghoa dalam rangka Imlek ini ini diperkenalkan oleh Komunitas Penggiat Kuliner dari Fakultas Kesehatan, Jurusan Gizi Klinik, Politeknik Negeri Jember. Salah satunya telur teh.

Menu ini sebenarnya cukup sederhana, yakni hanya berupa telur rebus, tapi yang unik adalah cara penyajiannya. Jika biasanya telur cukup direbus dengan air biasa, namun kali ini direbus dengan air teh yang dicampur ragam rempah seperti kayu manis, bunga lawang dan kecap asin.

Untuk proses pengolahan sama halnya seperti merebus telur dengan air biasa. Telur teh merupakan menu kuno khas Tionghoa. Selain menciptakan tekstur unik pada telur, menu ini juga dinilai sehat, karena kandungan anti oksidan dalam teh. Selain telur teh, ada pula menu olahan lain yang tak kalah unik yakni kue apem.

Namun bukan apem biasa tentunya karena bahan dasar yang digunakan adalah campuran tape singkong dan buah naga yang sangat identik dengan momen Imlek di tanah air. Tak hanya lezat, kedua menu tersebut juga sangat menggugah selera sekaligus memiliki sensasi rasa berbeda.

Kedua menu tersebut mungkin patut dicoba sebagai hidangan saat perayaan Tahun Baru Imlek, di samping menu kuliner khas China lainnya seperti mie yang mengandung filosofi umur panjang.

Mari kita simak videonya pada Liputan6, 27 Januari 2020