Sukses

Pembangunan Perluasan Terminal I Bandara Juanda Capai 54 Persen

General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur Heru Prasetyo, Jumat mengatakan, saat ini bobot realisasi perkembangan keseluruhan pekerjaan sudah mencapai 54,047 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan pembangunan perluasan Terminal 1 Bandara Internasional Juanda Surabaya saat ini mencapai 54 persen. Hal ini telah rampungnya beberapa perluasan dan pembenahan interior Terminal Satu (T1) tahap I beserta fasilitas penunjang yang ada di dalamnya.

General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur Heru Prasetyo, Jumat mengatakan, saat ini bobot realisasi perkembangan keseluruhan pekerjaan sudah mencapai 54,047 persen dari target rencana yang ditetapkan yaitu 46,84 persen.

"Secara kumulatif realisasi progres pekerjaan berada 7,207 persen di atas rencana," kata dia melalui keterangan tertulis, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (1/2/2020).

Nantinya, kata dia, jika pekerjaan proyek ini telah selesai, Terminal 1 (T1) Bandar Udara Internasional Juanda yang semula memiliki luas bangunan 62.700 meter persegi dengan kapasitas 6 juta penumpang per tahun akan menjadi seluas 91.700 meter persegi dengan kapasitas 13,6 juta penumpang per tahun atau penambahan luas seluas 29.000 meter persegi.

"Perubahan yang akan paling nampak pada pekerjaan ini yaitu pemisahan penempatan terminal kedatangan dan keberangkatan," ujar dia.

Ia mengatakan, saat ini seluruh keberangkatan domestik telah dipindahkan ke Terminal Satu A (T1 A) dan selanjutnya penerbangan kedatangan menggunakan Terminal Satu B (T1 B) Bandara Internasional Juanda.

"Dengan demikian kehadiran Terminal Satu (T1) beserta fasilitas penunjang dapat memberikan kenyamanan tanpa mengesampingkan aspek keselamatan dan keamanan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lion Air Pindahkan Layanan Keberangkatan ke Terminal 1A Bandara Juanda

Sebelumnya, Lion Air dan Wings Air akan memindahkan dan mengoperasikan seluruh layanan keberangkatan penerbangan domestik ke terminal IA dari sebelumnya terminal IB Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur mulai 1 Februari 2020 hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Perpindahan dilakukan karena pengelola bandar udara setempat sedang renovasi untuk perluasan dan peningkatan layanan penumpang di Bandara Internasional Juanda.

Layanan keberangkatan penerbangan Batik Air tetap beroperasi di Terminal IA Bandara Juanda. Untuk kedatangan, seluruh penerbangan yang dilayani Lion Air, Wings Air dan Batik Air berada di terminal IB.

"Saat ini Lion Air Group memiliki rata-rata 187 frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) dari dan menuju Bandar Udara Internasional Juanda," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 31 Januari 2020.

Jadwal penerbangan pada keberangkatan (schedule time departure/ STD) dan kedatangan (schedule time arrival/ STA) tidak mengalami perubahan.

Untuk fasilitas pelaporan (check-in), Lion Air Group terdapat pada nomor 1 – 14 dengan pembagian:

- Counter check-in 1 – 10 dioperasikan oleh Lion Air dan Wings Air.

- Counter check-in 11 – 14 dioperasikan Batik Air.

Grup Lion Air akan selalu berkoordinasi bersama pengelola bandar udara dan pihak lainnya yang terkait. Grup Lion Air mengharapkan sinergitas perpindahan operasional dari Terminal 1B ke Terminal 1A berjalan dengan lancar seiring upaya menyediakan layanan terbaik.

Perpindahan terminal diharapkan bisa mempermudah konektivitas dengan tetap Lion Air Group mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first).

Ketersediaan jadwal penerbangan saat ini adalah fokus utama Lion Air Group sebagai bagian mengakomodir kebutuhan perjalanan udara antardestinasi.

Selain itu, dinilai akan semakin melengkapi pilihan penerbangan langsung dan lanjutan (connecting) menggunakan waktu keberangkatan yang tepat.

Dengan demikian connectivity Jawa Timur khususnya Surabaya dan sekitar bisa ditempuh dalam jangka waktu relatif pendek, nyaman, aman dan terjangkau.

Tersedianya jadwal penerbangan yang tepat akan memberikan nilai tambah bagi pebisnis, wisatawan dan masyarakat yang mempunyai kesempatan untuk melanjutkan perjalanan dari Bandar Udara Internasional Juanda bersama Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air), bisa meneruskan ke destinasi Banyuwangi, Jember, Denpasar, Lombok, Kupang, Yogyakarta, Semarang, Solo.

Selain itu, Jakarta, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Pontianak, Palangkaraya, Sampit, Pangkalan Bun, Banyuwangi, Jember, Banjarmasin, Balikapapan, Tarakan dan kota yang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.