Sukses

Gubernur Khofifah Bawa Foto Gus Sholah dengan Wajah Terpukul

Liputan6.com, Surabaya - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur menyambut kedatangan jenazah peti KH Salahuddin Wahid atau lebih dikenal Gus Sholah di Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo pada Senin (3/2/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat jenazah diturunkan, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi Bersama beberapa jajaran lainnya ikut menggotong peti jenazah Gus Sholah. Di depannya diikuti oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tampak Khofifah dengan memakai baju dan hijab putih memegang foto Gus Sholah. Wajah Khofifah sedih dan terpukul dengan kepergian Gus Sholah.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan menyambut jenazah tokoh Nahdlatul Utama KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Senin siang (3/2/2020).

"Ibu gubernur akan menyambut jenazah Gus Sholah di bandara,” ujar Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Aries Agung Paewai, seperti dikutip dari Antara, Senin pekan ini.

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jakarta Selatan, jenazah Gus Sholah akan diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB.

Jenazah diterbangkan menggunakan salah satu pesawat milik grup Lion dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB.

Jenazah diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 14.00 WIB. "Setelah menyambut jenazah, Ibu Gubernur juga menghadiri langsung pemakaman Gus Sholah di Tebuireng," kata Aries yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Sosok Gus Sholah di Mata Khofifah Indar Parawansa

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya KH Salahuddin Wahid. Pria yang akrab disapa Gus Sholah ini meninggal pada usia 77 tahun.

"Mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan segenap masyarakat, saya menyampaikan duka cita mendalam seiring lantunan doa semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, mengampuni seluruh khilaf, dan menerima semua amal ibadahnya,” tulis Khofifah dalam akun instagramnya @khofifah.ip, Senin, 3 Februari 220.

Ia menambahkan, semoga Allah memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Gus Sholah. Khofifah juga menulis, kalau Gus Sholah termasuk salah satu putra terbaik bangsa.

"Boleh dibilang beliau adalah paket lengkap dari seorang negarawan yakni guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus Tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia.

"Selamat Jalan Gus. Insya Allah, Husnul Khotimah. Amin,” tulis dia.

Khofifah menulis kabar meninggalnya Gus Sholah lewat akun instagramnya. Ia juga mengunggah foto  saat bersama dengan Gus Sholah. Khofifah juga mengajak masyarakat Jatim turut mendoakan Gus Sholah.

"Inna lilahi wa inna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke rahmatullah, Gus Sholah (KH Sholahuddin Wahid) di RS Jantung Harapan Kita, Minggu (2/2) sekitar pukul 21.00 WIB,” tulis Khofifah.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading