Sukses

Ponpes Tebuireng Siapkan Liang Lahat Gus Sholah di Sebelah Utara Makam Sang Abah

Liputan6.com, Surabaya - Kiai Slamet Habib, Wakil Kepala Pondok Pesantren Tebu Ireng  Jombang menyampaikan persiapan pemakaman Kiai Salahuddin Wahid atau Gus Sholah telah dilakukan sejak pukul 08.00 WIB, Senin (3/2/2020). 

Dia mengatakan, liang lahat Gus Sholah yang telah dipersiapkan tersebut berada tepat di utara makam Kiai Wachid Hasyim yang tak lain adalah sang ayah (Abah). 

"Sudah disiapkan sejak pagi jam 8 tadi. Makamnya, kita tempatkan di utara Kiai Wachid Hasyim, di kompleks pemakaman keluarga," tutur dia.

 

Dia menceritakan, penempatan liang lahat tersebut karena sebelumnya Gus Sholah sudah berpesan jika dirinya ingin di makamkan di titik yang telah ditunjuknya. "Pesannya beliau memang ingin (dimakamkan) di situ, di utaranya abahnya (Kiai Wachid Hasyim)," ujar dia. 

2 dari 3 halaman

Gus Sholah Tutup Usia

Sebelumnya,  mengutip Antara, tokoh penting Nahdlatul Ulama, Gus Sholah, tutup usia usai sempat kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, pukul 20.55 WIB, Minggu, 2 Februari 2020.

Putra Gus Sholah, Irfan Wahid menuturkan, ayahnya mengalami komplikasi sakit jantung setelah sempat menjalani perawatan di RS Harapan Kita.

Rencananya, setelah disemayamkan di rumah duka di Jakarta Selatan, jenazah Gus Sholah diterbangkan ke Jombang, Jawa Timur, melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 10.00 WIB, Senin.

Irfan menuturkan jenazah akan diangkut menggunakan salah satu pesawat milik Lion Group dan dijadwalkan tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo sekitar pukul 11.30 WIB. Jenazah diperkirakan tiba di Jombang, Jawa Timur, sekitar pukul 14.00 WIB.

Rencananya jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng sekitar pukul 16.00 WIB.

Gus Sholah adalah adik kandung dari Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942 dan menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 Tahun.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading