Sukses

VIDEO: Hujan Deras Mengguyur, Banjir Merendam Rumah Warga di Jombang

Liputan6.com, Jakarta - Akibat diguyur hujan semalam, dua desa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur terendam banjir, Selasa pagi. Akibatnya, sejumlah rumah warga terendam banjir, hingga merendam berbagai perabot rumah tangga.

Kondisi ini memaksa warga mengungsi ke tempat lebih aman. Akibat hujan semalaman, sejumlah rumah warga di Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur terendam banjir, pada Selasa pagi.

Akibatnya, air masuk ke dalam rumah warga hingga menggenangi perabotan rumah tangga seperti kursi ruang tamu hingga kamar tidur.

Tak hanya menggenangi permukiman, banjir setinggi lutut kaki orang dewasa juga menggenangi jalan antar kampung. Akibatnya, sejumlah kendaraan milik warga yang nekat melintas harus mogok di tengah banjir.

Sejumlah warga terdampak banjir memilih mengungsi di rumah saudara yang berada di desa tak jauh dari lokasi. Banjir terjadi sejak hujan semalaman, hingga sungai tak kuat menampung air dan meluap ke pemukiman warga.

Sementara itu, musibah banjir tak selamanya membawa nestapa. Setidaknya itu dirasakan warga di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Usai banjir menerjang  wilayah desa, mereka berlomba mencari ikan di sungai.

Mereka memancing berbagai ikan yang lepas dari tambak atau kolam ikan yang meluber, akibat derasnya guyuran hujan. Aneka jenis ikan mereka dapatkan antara lain, ikan lele, ikan gabus, dan ikan bethik.

Dari hasil tangkapan ini, warga mengaku akan dibuat lauk makan di rumah bersama keluarga. Namun, ada juga yang akan dijual kepada warga yang membutuhkannya untuk dimasak. Demikian video liputannya pada Fokus, 5 Februari 2020.