Sukses

Kampus UNS Bakal Buka Cabang di Madiun

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah akan membuka cabang di Madiun yang diberi nama Kampus UNS di Madiun.

Liputan6.com, Surabaya Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah akan membuka cabang di Madiun yang diberi nama Kampus UNS di Madiun. Pemkab Madiun sudah menandatangani kerja sama dengan Rektor UNS.

“Kerja sama sudah ditandatangani Bupati Madiun Ahmad Dawami sebelum bertolak ke Amerika Serikat,” ujar Hari Wuryanto, Wakil Bupati Madiun, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (6/2/2020).

Kerja sama UNS dan Pemkab Madiun sudah dilakukan sejak 2013 melalui Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) bernama Akademi Komunitas yang ada di Caruban, Kabupaten Madiun.

Rencananya, peletakan batu pertama dilaksanakan pada 11 Maret 2020 melalui pembangunan gapura Kampus UNS di Madiun. Pemkab Madiun juga ingin perizinan ke kementerian terkait dapat segera diurus sehingga pada tahun ajaran baru 2020 sudah bisa menerima mahasiswa di Kampus UNS di Madiun.

“Minat warga Madiun tinggi mengikuti pendidikan tinggi, jadi UNS ini mengembangkan kerja sama dengan mengubah akademi komunitas yang sudah ada menjadi Kampus UNS di Madiun,” ucapnya.

Hari berharap keberadaan Kampus UNS di Madiun bisa melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul di Madiun dan menarik investor ke Madiun.

Sementara, Rektor UNS Jamal Wiwoho sudah setuju penamaan Kampus UNS di Madiun tanpa ada embel-embel nama PSDKU.

Menurut Jamal, pendidikan di luar kampus utama itu diperbolehkan sesuai Permenristeksdikti Nomor 1 Tahun 2017.

“Sehingga tidak masalah dengan penamaan Kampus UNS di Madiun karena proses pembelajarannya pun tidak berbeda dengan di kampus utama,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.