Sukses

Rekomendasi PDIP Jatim untuk Bacabup Kediri Keluar 17 Februari

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur Budi Sulistyono mengemukakan, rekomendasi untuk calon kepala daerah dari PDIP Kabupaten Kediri dimungkinkan ikut dalam kloter kedua pada 17 Februari 2020.

"Yang pertama rekomendasi dari DPP PDIP muncul hanya satu untuk Jatim, yakni untuk Ngawi. Diharapkan pada 17 Februari, kloter kedua muncul di Jawa Timur untuk kabupaten/kota yang siap," katanya saat menghadiri acara pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, di Kediri, Jumat, 7 Februari 2020.

Ia menambahkan, jika memang di kloter kedua nama calon dari PDIP untuk kabupaten/kota yang ikut pilkada belum muncul, akan menunggu lagi pada 23 Maret 2020. Namun, jika sampai di tanggal itu belum muncul nama, akan diambil alih oleh DPP PDIP.

Pria yang akrab disapa Kanang ini berharap, rekomendasi untuk calon kepala daerah termasuk untuk Kabupaten Kediri turun sebelum 17 Februari 2020. Dengan itu, DPC PDIP Kabupaten Kediri bisa segera bertindak, koordinasi dengan pemenangan di Pilkada 2020, dilansir dari Antara.

Ia mengaku hingga kini belum ada nama yang keluar dari PDIP untuk calon kepala daerah di Kabupaten Kediri. Beberapa nama yang santer akan ikut pilkada termasuk Hanindhito Himawan Pramana, anak Pramono Anung juga masih belum diketahui kepastiannya.

Bupati Ngawi yang juga pelaksana tugas Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri ini juga menyebut bahwa di PDIP terdapat beberapa sistem, yakni proses pendaftaran bakal calon di DPC PDIP, pendaftaran di DPD PDIP, dan pendaftaran di DPP PDIP. Bahkan, juga ada sistem penugasan khusus dari kader terbaik untuk terjun ke daerah.

 

2 dari 3 halaman

Syarat bagi Calon

Untuk calon yang direkomendasikan, selain juga harus siap untuk masalah dana, juga harus mempunyai nilai survei yang tinggi. Jika yang bersangkutan mempunyai dana, tapi ketika disodorkan ke masyarakat tidak masuk, DPP PDIP juga tidak akan memberikan rekomendasi.

"Bisa orang baru, bisa orang besar, kurus, masih masuk dalam bahasan DPP. Semua bisa saja terjadi, apakah Dhito? Ada yang terkejut atau tidak (masih masuk dalam bahasan DPP)?" kata dia.

Sebelumnya, sejumlah nama ikut mendaftarkan diri menjadi bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati Kediri untuk Pilkada 2020, di antaranya petahana Wakil Bupati Kediri Masykuri, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Mujahid, dan beberapa nama lainnya.

Nama anak Pramono Anung yakni Hanindhito Himawan Pramana juga sempat santer dikabarkan akan ikut memeriahkan Pilkada di Kabupaten Kediri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini