Sukses

Terobosan Bupati Trenggalek Lampaui Target Investasi 2020

Kabupaten Trenggalek sebelumnya tidak menjadi daerah tujuan investasi, namun berkat sejumlah inovasi, kabupaten ini malah unggul dalam menjaring investor.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berhasil melampaui target investasi yang ditetapkan dalam RPJMD tahun 2016-2020, yang semula ditargetkan Rp 1 triliun dalam kurun waktu tersebut, tapi arus modal masuk tercatat masuk mencapai Rp 1,2 triliun.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Mochamad Nur Arifin dalam akun sosial medianya yang diunggah, Jumat, 7 Februari 2020.

Dalam akun tersebut, bupati termuda ini mengucapkan terima kasihnya kepada privat sektor yang telah menanamkan modal dan berusaha di Kabupaten Trenggalek.

Ucapan terima kasih juga diucapkan Bupati Arifin kepada kolega sesama kepala daerah, DPRD, lembaga pemerintahan lain, masyarakat sipil yang sudah mewujudkan iklim investasi kondusif di Trenggalek, dilansir dari Antara.

"Pencapaian ini adalah 'sesuatu', karena sebelumnya Trenggalek tidak menjadi daerah tujuan investasi. Kabar gembira ini semakin lengkap karena sesuai data BPS Trenggalek, angka pengangguran terbuka Kabupaten Trenggalek turun dari 4,17 menjadi 3,43," tulisnya.

Kabar pelampauan target investasi masuk di Trenggalek ini dibenarkan oleh Kepala Dinas PMPTSP, Mulyahandaka.

"Jadi, memang untuk target realisasi investasi untuk Kabupaten Trenggalek trend-nya dari tahun ke tahun terus meningkat. Empat tahun terakhir sejak 2016 hingga 2020 total investasi yang masuk Rp 1,2 triliun," tutur Mulyahandaka.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target RPJMD 2020

Angka ini, lanjut dia, melampaui angka yang ditargetkan dalam RPJMD 2020, yaitu Rp 1 triliun. Itupun target sampai akhir tahun 2020, sedangkan kami sudah melampaui target tersebut pada awal 2020 ini.

Dari beberapa sektor investasi yang ada, terdapat beberapa sektor yang dominan di antaranya sektor perdagangan yang mencapai total Rp 714 miliar, sektor kelautan dan perikanan Rp 110 miliar, sektor perkoperasian dan UMKM Rp 105 miliar, sektor pekerjaan umum dan perumahan rakyat Rp 80 miliar dan sektor kesehatan sampai awal 2020.

Hal ini menunjukkan pergerakan ekonomi di Trenggalek semakin tumbuh seperti di kawasan Prigi, Panggul maupun di kawasan kota sendiri.

Menurut dia, meningkatnya investasi ini tidak lepas dari terobosan yang dilakukan oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang melakukan lelang investasi dengan memberikan banyak kemudahan.

 

 

3 dari 3 halaman

Jemput Bola

Terus kemudahan perizinan melalui OSS (Online Single Submission), Bupati yang menginstruksikan camat untuk jemput bola memberikan izin usaha mikro kepada masyarakat juga berdampak pada kenaikan investasi tersebut.

Pada 2020, ini kita ditarget sebesar Rp 435 miliar, untuk mencapi angka Rp 1 triliun target yang ditetapkan dalam RPJMD 2020.

Namun, karena sudah melampaui semoga juga tetap bisa melampaui target yang ditetapkan pada 2020 ini, sehingga pelampauannya lebih besar lagi.

"Harapannya di Trenggalek dengan pembangunan infrastruktur yang masif apalagi dengan ada Perpres 80 tahun 2018, dapat membuka peluang usaha yang semakin besar dan masyarakat atau investor tidak ragu lagi untuk membuka usaha di Trenggalek, ujar Mulyahandaka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.