VIDEO: Taman Wisata Probolinggo Kedatangan Pasangan Singa Afrika

VIDEO: Taman Wisata Probolinggo Kedatangan Pasangan Singa Afrika

Sepasang singa jantan dan betina asal Afrika, dihibahkan Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan, ke Taman Wisata Studi Lingkungan atau TWSL Kota Probolinggo, pada Sabtu pagi.

Kehadirannya dipersiapkan sebagai upaya pengembangbiakan satwa liar dan langka, sekaligus menambah jumlah koleksi satwa di Taman Wisata Studi Lingkungan yang selama ini banyak dikunjungi warga sebagai tempat wisata edukasi. Mari kita simak videonya pada Liputan6, 10 Februari 2020.

Setelah menempuh perjalanan 2 jam lebih, Sera dan Jane akhirnya tiba di Taman Wisata Studi Lingkungan Kota Probolinggo, pada Sabtu pagi.

Pasangan singa jantan dan betina ini datang dari Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan diangkut sebuah truk dengan kandang khusus tertutup. Perlu kehati-hatian ekstra, saat mengeluarkan dan memindahkan kedua singa itu dari dalam kandang yang mengangkutnya, ke kandang baru di TWSL.

Salah seorang keeper atau penjinak satwa langsung memberinya makan 5 kilogram daging segar. Sera nampak melahap semua santapan yang disajikan pihak TWSL.

Kehadiran Sera dan Jane juga disambut beberapa orang pengunjung dengan berfoto di depan kandang singa betina Jane. Untuk sementara, Jane yang masih berusia 18 bulan ini dipisahkan kandangnya dengan singa jantan Sera.

Menurut dokter hewan Ivan Chandra, kurator Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan, pasangan singa jantan dan betina ini memang dihibahkan ke TWSL Kota Probolinggo. Selain untuk menambah koleksi juga untuk upaya pengembangbiakan setidaknya setahun lagi.

"Pertama untuk koleksi, kedua, memang bisa dikembangbiakan nantinya, kurang lebih satu tahun ke depan sudah bisa beranak di TWSL," kata drh Ivan Chandra, TSI 2 Prigen.

Hal ini membuat Pemerintah Kota Probolinggo senang karena dapat melengkapi koleksi binatangnya di TWSL. Kedatangan singa afrika melengkapi koleksi satwa berbagai jenis, di Taman Wisata Studi Lingkungan Kota Probolinggo menjadi 225 ekor.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 February 2020, 21:00 WIB

Video Terkait

Spotlights