VIDEO: Peringati Hari Pers Nasional, Jurnalis Ajak Masyarakat Bijak Pakai Media Sosial

VIDEO: Peringati Hari Pers Nasional, Jurnalis Ajak Masyarakat Bijak Pakai Media Sosial

Momen peringatan Hari Pers Nasional tak hanya diperingati para wartawan. Di Surabaya, Jawa Timur bersama para wartawan, Muspika dan masyarakat Kecamatan Gununganyar, dengan melepas ratusan burung ke alam liar sebagai simbol dukungan terhadap kebebasan pers. Selain itu, juga dilaksanakan dialog interaktif bersama warga, dengan tema Bijak Bermedia Sosial.

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 ini menjadi momentum berharga bagi insan pers. Seperti dilakukan oleh jurnalis di Surabaya, mulai media elektronik, cetak, dan media online yang memilih memperingati HPN dengan cara berbeda. Mereka melepas liarkan seratusan burung jenis kutilang, sebagai simbol dukungan terhadap kebebasan pers.

Selain itu, mereka bersama Muspika dan masyarakat Kecamatan Gununganyar Surabaya juga menanam ratusan pohon mangrove, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, terutama abrasi pantai. Kedua kegiatan itu dilakukan di Kebun Raya Mangrove, Gununganyar.

Selain kegiatan di alam terbuka, sebagai bentuk kepedulian lingkungan. Para jurnalis juga melaksanakan fungsi pendidikannya, dengan memberi edukasi kepada masyarakat, terkait maraknya perkembangan media sosial.

Dikemas dalam acara dialog interaktif yang menghadirkan sejumlah narasumber, para jurnalis mengajak masyarakat agar bijak bermedia sosial. Kegiatan ini diharapkan bisa memberi wawasan kepada masyarakat, agar berhati-hati menggunakan media sosial.

Sebab setiap pelanggaran yang dilakukan melalui media sosial bisa terancam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, ITE. Demikian video pemberitaannya pada Liputan6, 10 Februari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 February 2020, 19:30 WIB

Video Terkait

Spotlights