VIDEO: Dinkes Ponorogo Bagikan 300 Bunga Lavender untuk Antisipasi DBD

VIDEO: Dinkes Ponorogo Bagikan 300 Bunga Lavender untuk Antisipasi DBD

Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur membagikan ratusan bunga lavender, yang diyakini bisa mengusir nyamuk Aedes Aegypti, sehingga bisa meminimalisir penyebaran DBD yang saat ini sudah merenggut satu korban meninggal dunia.

Pembagian bunga lavender ini, dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, di Kantor Desa Tajug, Kecamatan Siman, Senin siang. Sebanyak 300 bunga lavender dibagikan ke semua warga. Tujuannya, agar setiap rumah bisa menanam bunga yang memiliki nama lain lamiaceae. Sehingga, nyamuk Aedes Aegypti hilang dari Desa Tajug.

Selain membagikan bunga lavender, Dinas Kesehatan juga mensosialisasikan betapa bahayanya serangan nyamuk DBD. Sehingga selain upaya pencegahan dengan menanam bunga lavender, juga dihimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan menerapkan gerakan 3M plus, yakni, menguras tempat penampungan air, menutup bak penyimpanan air, serta mengubur plastik atau tempat genangan air.

Di Kabupaten Ponorogo sendiri, saat ini sudah ada satu korban meninggal akibat demam berdarah. Sementara tujuh warga lainnya menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit, lantaran gigitan nyamuk Aedes Aegypti, biasanya nyamuk akan mudah berkembang saat musim penghujan seperti saat ini. Demikian video pemberitaannya pada Fokus, 11 Februari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 February 2020, 05:00 WIB

Video Terkait

Spotlights