VIDEO: Warga Temukan Fosil Hewan Purba Zaman Pleistosen di Halaman

VIDEO: Warga Temukan Fosil Hewan Purba Zaman Pleistosen di Halaman

Warga Madiun, Jawa Timur menemukan sejumlah tulang yang diduga fosil hewan purba. Fosil yang diperkirakan dari masa Pleistosen tengah, atau sekitar 900 ribu tahun lalu.

Di antaranya fosil tulang paha gajah, fosil kudanil, fosil kura-kura, dan banteng. Fosil sudah diteliti oleh petugas BPSMP, Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 11 Februari 2020.

Inilah salah satu fosil tulang hewan purba yang ditemukan di halaman rumah warga di Dusun Tawangsono, Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Tulang yang setelah diteliti oleh petugas BPSMP, Sangiran, Sragen, Jawa Tengah merupakan paha atau tepong gajah, hingga saat ini masih terpendam di tanah.

Untuk sementara waktu, siapa pun dilarang mengangkat atau menggali lebih dalam lagi. Ditakutkan, fosil yang diperkirakan dari masa Pleistosen tengah, atau 900 ribu tahun lalu, rusak. Selain tulang paha gajah, warga juga menemukan fosil kudanil, serta kura-kura, dan banteng. Fosil-fosil ini ditemukan Agus Setiawan (35), usai mencangkul lahan jagungnya.

"Kebetulan pada waktu pulang dari kebun, saya tidak berniat mencari dan pada waktu itu saya lewat saja, kemudian melihat adanya fosil tulang belulang yang wujudnya kerangka," kata Agus Setiawan, warga desa penemu fosil.

Saat ini, semua tulang yang diyakini sebagai fosil hewan purba, diamankan di Kantor Desa setempat. Tim BPSMP dan Tim BPCB Jawa Timur akan melakukan ekskavasi dan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kabupaten setempat.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 February 2020, 16:30 WIB

Video Terkait

Spotlights