Sukses

VIDEO: Nyaris Ambruk, SDN Resongo 4 Probolinggo Tunggu Perbaikan Selama 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gedung Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, nyaris ambruk. Dampaknya selama hampir 2 tahun, siswa terpaksa belajar di area parkir yang disulap jadi ruang kelas sempit semi permanen. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 11 Februari 2020.

Meski telah direnovasi pada 2012, tapi bangunan SDN Resongo 4, Kecamatan Kuripan, Probolinggo ini sudah nampak rapuh. Dari luar, rangka atap bangunan kelas 5 dan 6 nampak reyot dan tinggal menunggu waktunya ambruk.

Kondisi bangunan yang rusak parah ini sudah berlangsung selama 2 tahun. Selama itu pula, sebagian besar siswa terutama siswa kelas 1 dan 2 harus belajar di luar ruangan kelas. Pihak sekolah kemudian menyulap lahan parkir sepeda untuk dijadikan ruang kelas darurat tanpa tembok dan hanya beratap asbes gelombang dan seng.

Pembagian kelas pun diatur, dimana siswa kelas 5 dan 6 belajar di kelas yang masih dapat digunakan, sedangkan siswa kelas 1 hingga kelas 3 belajar di kelas darurat bersamaan.

Meski suasana tak nyaman, namun semangat belajar mereka untuk terus menuntut ilmu masih tinggi. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo berjanji akan segera memperbaiki kerusakan sesegara mungkin.

"Jadi pertama kita akan ambil langkah-langkah yang cepat untuk mengatasi ini, agar proses pembelajaran tetap berjalan,” kata Fathurrozi, Plt Kadis Pendidikan Kab. Probolinggo.

Sampai saat ini, para siswa terutama kelas 5 dan 6 yang belajar di ruangan kelas tersisa, masih khawatir kelasnya ambruk apalagi jika sedang hujan deras.