Sukses

Patung Gajah di Gresik Senilai Hampir Rp 1 Miliar Dibiayai Petrokimia

Landmark patung gajah di Perlimaan Sukorame, Gresik, Jawa Timur menjadi perhatian warganet sejak akhir Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Landmark patung gajah di Perlimaan Sukorame, Gresik, Jawa Timur menyedot perhatian warganet dan masyarakat sejak Januari 2020.

Landmark ini menjadi perhatian lantaran mempunyai bentuk unik dan tak biasa dari yang lain. Bahkan disebut-sebut sebagai bentuk abstrak. Patung berwarna abu-abu ini bahkan memiliki ukuran yang tidak besar.

Salah satu pengguna akun media sosial facebook Maiyy Maiyy mengunggah di akun pribadinya pada 30 Januari 2020. Mengutip unggahan Maiyy Maiyy, ia menulis “Gresik, Viral di Medsos, Patung Gajah Mungkur Berbentuk Aneh di Gresik Telan Dana 1 M”.

Terhitung 11 Februari 2020, unggahan itu dibagikan sebanyak 452 kali. Unggahan tersebut juga dibanjiri komentar tentang Patung Gajah Mungkur.

Manajer Humas PT Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan menuturkan, ide dan desain pembuatan landmark tersebut dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Pengerjaan pembangunan patung gajah itu sekitar hampir Rp 1 miliar. "Kira-kira hampir Rp 1 M. 2019 dikerjakan," kata dia.

Dia mengatakan pihaknya ingin memberikan sumbangsih kepada masyarakat Gresik dengan pembangunan patung tersebut. "Karena Pemkab meminta untuk membangun landmark patung Gajah Mungkur, maka kami membantu dengan desain sepenuhnya berada di pihak pemkab,” tutur dia saat dihubungi Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saat Patung Gajah Mungkur di Gresik Jadi Sorotan Warganet

Sebelumnya, Gresik, Jawa Timur salah satu daerah yang mempunyai banyak peninggalan sejarah. Patung yang menjadi ikon di Gresik yaitu Keris Sumilang Gandring dan Tugu Lontar. Namun, baru-baru ini muncul sebuah landmark berbentuk patung gajah yang mencuri perhatian masyarakat dan warganet.

Landmark patung ini berbentuk Gajah Mungkur. Namun, patung ini mempunyai bentuk yang unik dan tak biasa dari yang lain, bahkan disebut-sebut sebagai bentuk abstrak. Patung berwarna abu-abu ini bahkan memiliki ukuran yang tidak besar.

Patung Gajah Mungkur ini terletak di perlimaan Sukorame, Gresik, Jawa Timur. Patung ini disebut-sebut menelan biaya Rp 1 M. Banyak masyarakat yang menyayangkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk membuat landmark patung tersebut.

Salah satu pengguna akun sosial media facebook Maiyy Maiyy memostingnya di akun pribadinya pada 30 Januari 2020. Mengutip postingan Maiyy Maiyy, ia menuliskan di bait pertama "Gresik, Viral di Medsos, Patung Gajah Mungkur Berbentuk Aneh di Gresik Telan Dana 1 M".

Terhitung 11 Februari 2020, postingan tersebut disukai sebanyak 1,2 ribu, dikomentari sebanyak 1,7 ribu dan dibagikan sebanyak 452 kali. Postingan tersebut sontak dibanjiri komentar tentang patung Gajah Mungkur.

Bejo Kumaluntho:  "Lirikan gajahnya kagak nahaaaannnn😂😂😂”

Jiwa Dika: "Mahal banget"

Ida Bagus Ajik Pantau: "Patungnya abstrak, 1M realisme… 😁😁😁😁"

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.