Sukses

Yuk, Kunjungi Taman di Surabaya Saat Hari Valentine

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 14 Februari diperingati sebagai Hari Valentine atau Valentine’s Day. Hari Valentine dimaknai oleh banyak orang sebagai perayaan kasih sayang.

Banyak hal bisa dilakukan untuk merayakannya, salah satunya adalah dengan berjalan-jalan sambil bersantai di taman. Jika berbicara mengenai taman, Surabaya adalah salah satu kota di Indonesia yang mempunyai banyak taman dan dijuluki sebagai kota seribu taman.

Setiap sudut kota Surabaya dihiasi oleh taman-taman  yang unik dan berwarna-warni. Bahkan, di taman-teman tersebut terdapat beberapa fasilitas yang diperuntukkan bagi pengunjung. Kali ini Liputan6.com akan memilih taman-taman yang cocok dikunjungi dengan orang terkasih melansir dari web Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya:

1. Taman Harmoni

Taman Harmoni atau dikenal dengan Taman Sakura ini berada di Jalan Keputih Tegal Timur No. 241, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Taman Harmoni berdiri di atas lahan bekas pembuangan sampah di daerah Keputih. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyulapnya menjadi taman berwarna-warni.

Taman ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat banyak bunga yang tumbuh di Taman Harmoni, seperti mawar, sepatu, dan yang terkenal adalah sakura.

Pemkot Surabaya juga membangun beberapa fasilitas, di antaranya toilet, musala, area bermain anak, dan tempat parkir yang luas. Selain itu, di taman ini juga menjadi tempat untuk berkumpulnya komunitas dan prewedding.

 

2 dari 3 halaman

Taman Mozaik

2. Taman Mozaik

Surabaya menjadi sorotan karena muncul taman yang unik dan menarik untuk dikunjungi, yaitu Taman Mozaik. Taman ini berada di Jalan Wiyung Praja, Surabaya.

Taman Mozaik ini terdapat landmark yang menyerupai rumah dengan mozaik kaca yang berwarna-warni. Ketika memasuki rumah tersebut, akan terpancar warna-warni dari bayangan yang dihasilkan dari kaca.

Taman ini dulunya merupakan rawa dan dihuni oleh satwa liar. Banyak pengunjung berdatangan untuk berswafoto karena Taman Mozaik ini instagramable.

3. Taman Bungkul

Taman Bungkul berada di jalur protokol Surabaya, yaitu Jalan Darmo. Taman ini berdiri di atas tanah seluas 900 m².

Di Taman Bungkul ini terdapat makam tokoh yang disebut-sebut sebagai orang yang menyebarkan agama Islam setelah era Majapahit.

Taman ini mempunyai konsep minimalis dan modern seperti adanya fasilitas olah raga, edukasi, dan hiburan. Riset Enciety Business Consult pada 2017 menyatakan Taman Bungkul adalah salah satu taman yang sering dikunjungi wisatawan di Surabaya.

4. Taman Lansia

Taman Lansia berlokasi di Kawasan Jalan Kalimantan, Gubeng, Surabaya. Seperti namanya, taman ini dikonsepan khususnya kepada masyarakat yang sudah lanjut usia.

Taman ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang diperuntukkan bagi lansia, seperti batu refleksi. Tak hanya bagi lansia, di taman ini juga terdapat fasilitas untuk anak-anak seperti taman bermain.

Selain itu, di Taman Lansia ini dilengkapi dengan taman bunga, dan air mancur. Dulunya, lahan yang digunakan oleh Taman Lansia adalah SPBU yang dialihfungsikan. Anda bisa mengajak keluarga ke Taman Lansia ini.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini