Sukses

KAI Daop 8 Surabaya Sediakan 19.848 Kursi untuk Kereta Mudik Lebaran 2020

PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 33 kereta api (KA) regular jarak jauh/menengah yang merupakan pemberangkatan awal di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Tiket kereta api (KA) untuk masa angkutan Lebaran 1441 H mulai bisa dipesan pada 14 Februari 2020 untuk keberangkatan pada 14 Mei 2020 (H-10 sebelum Lebaran). PT KAI DAOP 8 Surabaya pun menyediakan 19.848 kursi untuk masa angkutan Lebaran 1441 H.

Selain itu, ada 33 kereta api (KA) regular jarak jauh/menengah yang merupakan pemberangkatan awal di wilayah PT KAI DAOP 8 Surabaya. Manager Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya, Suprapto menuturkan, perjalanan kereta api regular yang pemberangkatan awal dari PT KAI Daop 8 Surabaya itu terdiri dari 8 KA kelas eksekutif dengan kapasitas 3.338 tempat duduk.

Kemudian 11 KA kelas ekonomi dengan kapasitas 8.526 tempat duduk dan 14 KA kelas campuran dengan kapasitas 7.984 tempat duduk. "Total dari 33 perjalanan KA regular jarak jauh atau menengah tersebut tersedia total tempat duduk sebanyak 19.848 tempat duduk,” kata dia, Rabu, 12 Februari 2020.

Sedangkan untuk KA reguler jarak jauh atau menengah yang melintas di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 8 KA yang terdiri dari 2 KA ekonomi dengan kapasitas 1.272 tempat duduk, dan 6 KA kelas campuran dengan kapasitas 3.664 tempat duduk.

"Total tempat duduk yang tersedia dari 8 KA reguler jarak menengah atau jauh yang melintas sebanyak 4.936 tempat duduk," kata Suprapto.

Suprapto mengimbau agar masyarakat bisa merencanakan liburan pada masa angkutan Lebaran 1441 H ini sebaik mungkin dengan memesan tiket melalui aplikasi pemesan tiket secara online. Selain itu bisa melalui minimarket antara lain Indomaret, Alfamart yang lebih dekat jaraknya dari masyarakat.  "Jadi tidak perlu lagi antre di loket stasiun,” ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiket KA Bisa Dipesan Mulai 14 Februari

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai menjual tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H mulai H-90 sebelum keberangkatan di web KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

"Tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H akan dijual mulai 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Edi mengingatkan, agar para calon penumpang untuk lebih teliti dalam input tanggal, rute, atau data diri penumpang saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan ke stasiun, jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa berangkat mudik Lebaran.

Sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem  penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar.

"Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar. Lalu, saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala," ujar Edi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.