Sukses

Menelusuri Pasar Bratang Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya termasuk kota besar yang berlokasi di timur Pulau Jawa. Di kota ini terdapat banyak hal yang dapat dijelajahi salah satunya adalah pasar.

Di Surabaya terdapat banyak pasar mulai dari tradisional sampai modern. Tak hanya itu, ternyata di Surabaya terdapat pasar-pasar yang tak biasa dan tergolong unik, salah satunya adalah Pasar Bratang. Pasar Bratang menjajakan beberapa dagangan seperti flora dan fauna, salah satunya burung.

Pasar Burung Bratang ini berlokasi di Jalan Raya Manyar, Bratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Di pasar ini Anda dapat menemukan berbagai jenis burung yang dapat dipelihara.

Mengutip dari laman pasarsurya.surabaya.go.id, harga tiap burung berbeda-beda tergantung kepada jenisnya. Di pasar ini sering dijadikan tempat para kolektor burung berkumpul dari Surabaya maupun dari luar kota. Mereka bertemu hanya sekadar berbagi mengenai hobinya, yaitu koleksi burung. Ternyata tak hanya pasar burung, di Pasar Bratang ini juga dapat ditemui Pasar Bunga Bratang yang berada di sisi barat Pasar Burung.

Di pasar bunga Anda dapat melihat bermacam-macam bunga tropis. Beberapa tanaman yang dijual di pasar ini adalah palm phoenix, camadorea, pinang merah, mawar jambi, dan masih banyak lagi.

Pasar ini berdiri pada 1980-an dan awalnya hanya ada lima penjual. Kini, Pasar Bratang Surabaya berkembang dan semakin ramai dikunjungi. Kebersihan di pasar ini pun sudah lebih diperhatikan. Pasar ini buka 24 jam dan puncak ramainya adalah pada saat akhir pekan.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

2 dari 3 halaman

Yuk Jalan-Jalan di Pasar Bunga Kayoon Surabaya

Sebelumnya, kapal pesiar asal Jerman Aida Vita bersandar di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Jumat 22 November 2019.

Kapal pesiar itu membawa sekitar 1.000 penumpang dari Jerman. Penumpang Kapal Pesiar Aida Vita pun diajak mengunjungi sejumlah tujuan wisata menarik di Surabaya, Jawa Timur. Salah satu tempat yang dikunjungi wisatawan yaitu Pasar Bunga Kayoon. 

Pasar ini termasuk pasar tematik yang menjual berbagai macam jenis bunga rangkaian dan bunga hias. Pasar bunga ini berada di Jalan Kayoon, Gubeng dan berdampingan dengan hantaran Kalimas. Pasar ini memiliki luas 3.000 meter persegi dan termasuk pusat pasar bunga terbesar di Indonesia timur. Pasar bunga ini terkenal sebagai pusat penjualan bunga sekitar 1985. Mencapai puncak kejayaan pada 1990-1997.

Mengutip pasarsurya.surabaya.go.id, di pasar bunga Kayoon ada sejumlah aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan bunga. Misalkan, ada penjual bunga potong. Usaha penjual bunga ini hanya sediakan bunga, baik itu untuk dijual bagi pembeli dari luar/umum dan hanya menyediakan stok bagi para perajin rangkaian bunga di sana.

Ada juga pedagang yang menawarkan bunga artificial. Pedagang tersebut menjual bunga artificial yang terbuat dari plastik, bunga kering, kain dan kertas.

Selain itu ada pula jasa merangkai bunga. Ini karena keahliaan pedagang yang juga dapat merangkai bunga. Pedagang ini hanya membeli bunga dari penjual bunga di Pasar Kayoon. Bila ada pemesanan dari pelanggan, kemudian pedagang itu akan merangkaikan bunga.

Jasa lainnya yang ditawarkan yaitu jasa dekorasi. Uasaha ini hampir sama dengan jasa rangkaian bunga, hanya saja karya yang dihasilkan berbeda. Material yang dipakai tidak hanya bunga, tetapi juga memakai kayu triplek, sterofoam dan sejenisnya.

Jenis karya yang dihasilkan biasa berupa papan-papan ucapan selamat, rangkaian mobil bunga untuk karnaval, hingga dekorasi panggung baik dalam acara resmi dan pernikahan.

Dengan keunikan pasar bunga ini sehingga menjadi salah satu pasar tematik yang  juga menjadi tujuan wisata. Pasar ini menjadi tujuan wisatawan termasuk wisatawan asing.

Contohnya jika ada kapal pesiar yang sandar di dermaga Gapura Surya, Tanjung Perak, Surabaya. Ketika wisatawan turun dari kapal pesiar, Pasar Bunga Kayoon akan menjadi salah satu tujuan wisata yang dikunjungi. Pasar Bunga Kayoon telah menjadi salah satu ikon wisata di Surabaya,  berkat kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Surabaya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini