Sukses

6 Pulau Kecil di Sumenep, Bak Surga Tersembunyi

Liputan6.com, Jakarta Madura memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk disambangi. Pulau yang terdiri dari 4 kabupaten ini menawarkan wisata alam yang tak kalah eksotis dari daerah lainnya. Kabupaten Sumenep adalah salah satu daerah yang dikenal dengan wisata alamnya yang penuh pesona.

Tak cuma di dalam pulau Madura, wilayah Sumenep juga terdiri dari jajaran kepulauan. Kempulauan ini seperti Kepulauan Sumenep, Kepulauan Kangean, dan Kepulauan Masalembu.

Sejumlah pulau-pulau kecil dapat diakses dengan mudah dan dekat dari pulau Madura. Pulau-pulau kecil ini mulai dikenal sebagai surga tersembunyi yang ada di Madura.

Pulau-pulau kecil di Madura memiliki panorama yang tak kalah indah dari daerah lain seperti Lombok atau Bali. Sejumlah pulau bahkan sudah mulai dilirik oleh wisatawan mancanegara. Berikut 6 pulau kecil di Sumenep, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (16/2/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Gili Labak

Gili Labak terletak di sebelah tenggara pulau Madura. Secara adminstratif, pulau ini masuk pada wilayah Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Luas Gili Labak tak lebih dari 5 hektare dengan jumlah penduduk kurang lebih 25 kepala keluarga.

Pulau ini dikenal sebagai surga tersembunyi di Sumenep. Di sini pengunjung bisa menikmati pantai pasir putih yang bersih dan halus. Di sini pengunjung juga bisa melakukan snorkeling atau diving dengan keindahan biota laut yang tak kalah indah dari daerah lain.

3 dari 7 halaman

Gili Iyang

Pulau kecil yang juga dikenal sebagai pulau oksigen ini sudah terkenal bahkan hingga mancanegara. Pantai ini ikenal memiliki kandungan oksigen nomor dua tertinggi di dunia, setelah Yordania. Gili Iyang terletak di Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura.

Aktivitas laut seperi diving ataupun snorkeling juga bisa dilakukan melihat kualitas bawah laut yang bersih dan jauh dari polusi. Kualitas udara yang bagus membuat warga di pulau ini membuat warganya banyak yang berumur panjang.

4 dari 7 halaman

Gili Pandan

Gili Pandan terletak di sebelah utara Pulau Madura, sejajar dengan perbatasan Sumenep dan Pamekasan. Pulau ini termasuk pulau yang tidak berpenghuni namun kerap menjadi destinasi wisata para pelancong.

Gili Pandan indah dengang kelokan bibir pantai berpasir putih yang memesona. Kejernihan air di pantai Gili Pandan tak kalah eksotis dengan pantai di Gili Labak.

5 dari 7 halaman

Gili Raja

Gili Raja terletak di sebelah tenggara Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Giligenteng, Sumenep, Jawa Timur. Gili Raja juga memiliki pesona biota laut yang tak kalah menakjubkan dari Gili lainnya di Madura.

Di pulau ini terdapat Pantai Bringin yang tak kalah memesona. Tak jauh dari bibir pantai, terdapat sebuah pohon beringin besar. Di bawah beringin tersebut terdapat sumur tua yang tidak pernah kering. Di pulau ini juga terdapat Makam Ki Agung Demang yang konon merupakan penghuni pertama Gili Raja.

6 dari 7 halaman

Gili Bidadari

Gili Bidadari merupakan pulau kecil yang berada di sebelah barat Gili Raja. Masyarakat sekitar menyebut pulau ini dengan nama Gili Gilingan. Pulau ini cukup kecil dan hanya dihuni beberapa kepala keluarga. Penyebutan Gili Bidadari konon karena jumlah penghuni pulau ini didominasi oleh perempuan.

Gili Bidadari memiliki hamparan pantai pasir putih dengan air yang sangat jernih. Di sini pengunjung juga bisa menyaksikan aktivitas warga yang melaut dan mengolah ikan teri.

7 dari 7 halaman

Gili Genting

Gili Genting terletak di sebelah timur Gili Raja. Pulau ini termasuk pulau yang populer sebagai destinasi wisata di Sumenep, Madura. Salah satu destinasi favoritnya adalah Pantai Sembilan dan Pantai Kahuripan. Pantai ini tergolong masih asri dan dapat dinikmati dengan tenang.

Di Pantai Kahuripan, pengunjung akan disuguhi pemandangan bebatuan yang berada di pinggir pantai, tak lupa dengan pasir putihnya yang bersih. Sementara keistimewaan Pantai Sembilan adalah bibir pantainya yang membentuk pola angka sembilan ketika air laut sedang surut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS