Sukses

Universitas Muhammadiyah Surabaya Jadi Sponsor Persebaya, Pionir di Klub Sepak Bola

Liputan6.com, Jakarta - Logo Universitas Muhammadiyah Surabaya akan muncul di jersey utama Persebaya. Hal ini setelah Universitas Muhammadiyah Surabaya menjadi salah satu sponsor tim Persebaya yang akan berlaga pada kompetisi Liga 1 musim 2020.

Universitas Muhammadiyah Surabaya pun teken kerja sama dengan Persebaya di kampus setempat pada Senin, 17 Februari 2020. Kerja sama tersebut diteken oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya Dr Sukadiono dan Presiden Persebaya Azrul Ananda. Kerja sama itu menyepakati logo UM Surabaya terpajang di jersey klub bertajuk Bajul Ijo untuk musim 2020.

"UM Surabaya akan menjadi salah satu sponsor Persebaya. Nanti logo UM Surabaya akan muncul di jersey utama Persebaya,” tutur Azrul, seperti dikutip dari Antara.

Ia tidak merinci berapa besar nilai kontrak sponsor UM Surabaya di Persebaya. Akan tetapi, dia menegaskan, kerja sama tidak hanya dari sisi komersial.

"Banyak yang bisa dilakukan, yang pasti tidak murni komersial. Kerja sama nanti bisa dari sisi kesehatan, sport science, pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kami belum bisa jelaskan detailnya, tapi sudah membahas kerangkanya. Yang pasti tidak hanya sponsor di jersey,” tutur dia.

2 dari 4 halaman

Jadi Pionir

Ia mengaku cukup terkejut dengan inisiatif UM Surabaya untuk menjadi salah satu sponsor Persebaya untuk mengarungi liga 1. Namun, ia memandang inisiatif UM Surabaya sebagai pola piker modern.

"Saya lihat ini sebagai pola pikir modern. Karena zama saat ini ada yang namanya media komunikasi, media mengembangkan diri dan itu bukan hanya media tradisional, tapi juga klub olahraga.Saya kira apa yang dilakukan UM Surabaya adalah piooner. Walaupun di luar negeri ini bukan hal yang baru, tapi di Indonesia ini pendobrak,” kata dia.

Mengenai berapa sponsor yang akan membantu Persebaya di musim ini, Azrul belum bisa mengungkapkannya, sebab pengumuman sponsor baru akan dilakukan sebelum liga dimulai.

"Berapa sponsor, kami belum bisa umumkan. Namun, beberapa sponsor masih lanjut, ada juga sponsor baru. Nanti  kami umumkan sebelum liga dimulai," kata dia.

3 dari 4 halaman

UM Surabaya Bakal Jadi Rumah Kedua Bonek dan Persebaya

Sementara itu, Rektor UM Surabaya Dr Sukadiono menuturkan, kerja sama dan kolaborasi dengan Persebaya merupakan model pemasaran baru bagi UM Surabaya, terutama sebagai sponsor klub sepak bola.

Bahkan, pihaknya ingin menjadi perguruan tinggi pertama di Surabaya dan Jawa Timur yang mempunyai kontribusi eksistensi dari sebuah klub sepak bola.

"Dengan supporter yang luar biasa apalagi klub ini juga merupakan kebanggaan warga Surabaya, maka kami punya kepedulian terhadap Persebaya dengan melakukan kerja sama ini. Tidak hanya itu, UM Surabaya juga akan menjadi rumah kedua bagi Bonek dan pendukung setia Persebaya," tutur dia.

Faktor social equity juga mendorong UM Surabaya untuk menjalin kerja sama ini. Apalagi Persebaya tidak hanya dikenal di Surabaya melainkan di Indonesia dan luar negeri.

Kerja sama itu akan menyasar beberapa hal seperti berbagi ilmu dalam menjaga penampilan para pemain Persebaya. Selain itu juga sharing ilmu di jurusan manajemen dan akuntansi yang dimiliki UM Surabaya ke manajemen Persebaya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading