VIDEO: 250 Personel Tim Gabungan di Jawa Timur Latihan SAR demi Siaga Bencana

VIDEO: 250 Personel Tim Gabungan di Jawa Timur Latihan SAR demi Siaga Bencana

Proses evakuasi satu korban tenggelam di waduk di Madiun, Jawa Timur berlangsung dramatis. Setelah meminta korban tetap tenang, dua petugas Brimob langsung menceburkan diri untuk bisa mengevakuasi korban.

Meski sempat kesulitan, tapi akhirnya upaya melakukan pertolongan berhasil dilakukan. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 14 Februari 2020.

Beginilah proses evakuasi yang dilakukan Satbrimob Polda Jawa Timur saat menolong korban tenggelam, di Waduk Bening Widas, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Rabu pagi.

Dua anggota Brimob yang tengah patroli langsung menceburkan diri ke air, sambil terus berusaha menggapai korban tenggelam. Meski sempat kesulitan, namun akhirnya upaya melakukan pertolongan berhasil dilakukan.

Proses evakuasi ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan latihan peningkatan kemampuan SAR yang dilakukan Satuan Brimob Polda Jatim. Latihan dibuka Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Drs Djamaludin.

Sementara, Komandan Satuan Brimob Polda Jatim, mengatakan, latihan ini melibatkan 250 personel. Bekerja sama dengan BPBD dan Basarnas. Tujuannya, menyiapkan dan memberi pelatihan langkah yang harus diambil Brimob jika terjadi bencana alam.

"Untuk kesiagaan ini, maksud dan tujuannya kesiapsiagaan kita dalam penanggulangan bencana," kata Kombes Pol I Ketut Gede Widjatmika, Dansatbrimob Polda Jawa Timur.

Agar maksimal, anggota diminta serius melaksanakan pelatihan. Sehingga ketika bencana terjadi, mereka sudah siap membantu pemerintah dan masyarakat.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 February 2020, 17:25 WIB

Video Terkait

Spotlights