Sukses

Wabup Situbondo Ajak Jurnalis Sajikan Informasi Menyejukkan

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Bupati Situbondo, Jawa Timur, Yoyok Mulyadi mengajak seluruh insan pers di wilayah setempat, dapat menyajikan informasi yang menyejukkan dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

"Mudah-mudahan perkembangan pers di Situbondo memberikan kesejukan dalam menyampaikan informasi bagi masyarakat," kata Wabup Yoyok dalam sambutannya di acara ngopi bareng jurnalis Situbondo memperingati di Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Situbondo, Jawa Timur, Selasa, 18 Februari 2020.

Menurutnya, untuk memajukan suatu daerah ada tiga unsur yang harus dijaga dan sejalan, yakni mulai umara, ulama dan zuama (masyarakat). Ketika ketiga unsur ini sejalan, katanya, tidak akan ada gejolak, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, peran media penting untuk mendorong kemajuan suatu daerah. Sebaliknya, lanjut dia, media juga dapat membuat kemunduran dalam pemerintahan, namun jika semuanya berjalan dengan baik maka pemerintahan akan baik.

"Kami mengakui peran media penting buat pemerintah, dan kami akui saat ini juga telah banyak pemberitaan yang positif. Pemerintah tetap memiliki komitmen dengan pers, karena jika pemerintah tidak berkomitmen, maka pemerintah sama saja menghancurkan pemerintahan itu sendiri," ujarnya di Situbondo.

 

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Profesionalisme

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Sugandi yang hadir dalam kesempatan itu, menyampaikan dalam peringatan HPN 2020 dapat meningkatkan profesionalisme jurnalis di Situbondo.

"Media massa juga harus memberikan informasi yang mengedukasi, sosial dan membawa kondusifitas. Polri dalam melaksanakan tugas pokok membutuhkan peran media yang tujuannya bagaimana masyarkat merasakan sentuhan-sentuha dari anggota Polri," katanya.

Kapolres Sugandi berpesan, dalam bertugas melaksanakan kegiatan jurnalistik senantiasa meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas, serta berpedoman pada kode etik jurnalistik.

Dalam acara ngopi bareng jurnalis Situbondo memperingati HPN 2020, dengan tema "Santun Bermedia Membangun Situbondo" ini, juga dihadiri Ketua PWI Banyuwangi Saifuddin Mahmud.

Ketua PWI Banyuwangi Saifuddin Mahmud juga berpesan kepada insan pers di Situbondo, agar lebih meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading