VIDEO: Nikmati Sajian Unik Kopi TekTek dari Sidoarjo

VIDEO: Nikmati Sajian Unik Kopi TekTek dari Sidoarjo

Membahas ragam kuliner di Indonesia seakan tak ada habisnya. Di antaranya adalah beragam jenis kopi yang bisa dinikmati dengan berbagai cara. Kopi tektek salah satunya.

Penyeduhan kopi dengan cara disaring secara tradisional, membuat kopi ini memiliki rasa khas, dan menjadi buruan para penikmat kopi Nusantara. Berikut kita simak videonya program Fokus, 12 Februari 2020.

Minuman hangat pastinya diburu saat musim penghujan seperti saat ini, apalagi dinikmati bersama keluarga, kerabat, atau teman. Salah satu yang banyak dicari adalah kopi. Nah di Sidoarjo. Jawa Timur, ada jenis sajian kopi yang berbeda dari biasanya. Menu sajian kopi ini bernama kopi tektek.

Dinamakan demikian, sebab cara penyajian kopi ini juga berbeda dibanding dengan kopi biasanya. Biji kopi yang digiling kasar, diseduh menggunakan saringan, dan berbunyi "tek-tek", saat disajikan ke dalam gelas.

Dari sinilah, para penikmat kopi menyebut menu sajian kopi ini, menjadi kopi tektek yang memiliki rasa berbeda dengan penyajian kopi menggunakan mesin.

Di Sidoarjo, kopi tektek ini bisa ditemukan di sebuah kafe kawasan Ruko Juanda Bisnis, di Jalan Raya Juanda-Sidoarjo. Meski relatif baru di Sidoarjo, menu kopi ini memiliki banyak penggemar. Sajian kopi yang kental bercampur rasa manis susu, menjadi ciri khas tersendiri.

Kopi ini bisa diolah dari beragam jenis kopi Nusantara, tapi biasanya yang dipakai adalah jenis robusta. Rasa dan cara pembuatan yang beda dengan kopi pada umumnya, menu kopi tektek ini kini banyak dicari penikmat kopi di Sidoarjo. Dengan harga Rp 15 ribu per gelasnya, kopi tektek bisa dinikmati bersama berbagai makanan ringan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 February 2020, 05:00 WIB

Video Terkait

Spotlights