Sukses

5 Kuliner Pecel di Jawa Timur, Nikmat dan Tak Boleh Terlewat

Liputan6.com, Jakarta Pecel merupakan salah satu kuliner yang populer khususnya di Pulau Jawa. Banyak orang menggemari pecel, bahkan sambal pecel banyak diproduksi sebagai oleh-oleh khas daerah tertentu. Pecel juga menjadi pilihan wisata kuliner saat mengunjungi sebuah daerah. 

Kuliner dengan kombinasi aneka sayuran yang direbus dan sambal kacang ini tersebar di berbagai daerah. Bahkan tiap daerah memiliki pecel khasnya sendiri.

Di Jawa Timur, Anda bisa menemukan sejumlah kuliner pecel. Aneka pecel ini berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur. Tiap pecel di daerah Jawa Timur ini memiliki keunikan dan cita rasanya sendiri.

Jika Anda mampir ke salah satu daerah ini, pecel wajib masuk ke dalam daftar wisata kuliner. Berikut 5 kuliner pecel di Jawa Timur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(20/2/2020).

2 dari 6 halaman

Pecel Madiun

Madiun dikenal dengan pecelnya yang melegenda. Pecel biasanya juga disajikan dalam pincuk atau piring lidi yang disebut ingke. Pecel madiun terdiri dari berbagai macam sayuran yang direbus kemudian dilumuri bumbu sambel kacang dengan aroma khas jeruk purut. Pecel Madiun paling enak disantap bersama peyek ebi atau kacang.

Sayuran yang biasa dihidangkan antara lain kacang panjang, toge, mentimun dan daun singkong. Sambel pecel dari Madiun menjadi primadona banyak orang. Tak jarang, sambel pecel ini dijadikan oleh-oleh.

3 dari 6 halaman

Pecel Kediri

Pecel Kediri memiliki ciri khas sambal tumpang yang disiramkan di atas pecel. Nasi Pecel Tumpang Kediri biasanya berisi nasi pulen, daun singkong, daun pepaya, kubis, kacang panjang, kenikir dan kecambah. Pecel kemudian disiram dengan sambal pecel dan sambal tumpang.

Sambal tumpang terbuat dari tempe bosok atau fermentasi tempe yang dicampur dengan cabai dan rempah-rempah. Pecel kediri memiliki cita rasa pedas dari sambal tumpangnya.

4 dari 6 halaman

Pecel Semanggi Surabaya

Surabaya juga punya nasi pecel khasnya sendiri. Pecel ini juga memiliki keunikan karena adanya tambahan daun semanggi di dalamnya. Pecel semanggi khas Surabaya ini terdiri dari daun semanggi, tauge atau kecambah, kangkung, kerupuk uli, dan bumbunya yang berbahan dasar ketela yang di padukan dengan sambal.

Para ibu penjaja Pecel Semanggi sebagian besar berasal dari desa pinggiran Kota Surabaya yang lebih dikenal dengan dengan Desa Kendung. Pecel Semanggi menjadi kuliner khas Jawa Timur yang paling banyak dicari para wisatawan.

5 dari 6 halaman

Pecel Blitar

Blitar juga terkenal dengan sambel pecelnya yang enak dan lezat. Sambal pecel Blitar memiliki tekstur halus dan gurih. Sama seperti pecel pada umumnya, pecel Blitar terdiri dari sayuran rebus seperti tauge, kangkung, kacang panjang, dan masih banyak lagi.

Yang membuat pecel ini istimewa adalah, adanya taburan serundeng kelapa yang gurih. Pecel Blitar juga biasa disantap dengan peyek udang atau kacang.

6 dari 6 halaman

Pecel Ponorogo

Ponorogo juga terkenal dengan kuliner pecelnya. Bahkan kabupaten ini memiliki daerah yang disebut kampung pecel di mana orang dapat menikmati pecel 24 jam. Kampung pecel ini berada di kawasan Pasar Pon, Kelurahan Mangunsuman, Kecamatan Ponorogo.

Pecel Ponorogo merupakan perpaduan nasi putih panas yang ditambah dengan sayuran seperti bayam, pare, taoge, kacang panjang, dan bunga turi. Setelah disiram bumbu kacang, pecel Ponorogo biasanya diberi daun kemangi di atasnya. Ada angapan Pecel itu berasal dari Ponorogo, Jawa Timur,[1] karena sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo.