Sukses

VIDEO: Kuli Bangunan Mengaku Anggota TNI AL Tipu 5 Janda

Liputan6.com, Jakarta - Mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Laut, seorang kuli bangunan diringkus Satuan Reserse Kriminal Polres Mojokerto, Jawa Timur.

Selain menyaru sebagai anggota TNI, tersangka juga menipu dan membawa kabur harta benda milik korbannya, yang berhasil diperdayai di antaranya lima perempuan berstatus janda, salah satunya seorang dosen perguruan tinggi di Surabaya. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 19 Februari 2020.

Berakhir sudah petualangan KG, di tangan Tim Resmob Satreskrim Polres Mojokerto, Jawa Timur. Pelaku tak berkutik, saat petugas menangkapnya di salah satu rumah kos, di Kabupaten Gresik.

Pria 29 tahun warga Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini harus berurusan dengan pihak berwajib, karena mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Laut, serta menipu dan membawa kabur harta benda milik para korbannya.

Tak tanggung-tanggung, tersangka yang kesehariannya bekerja sebagai kuli bangunan telah memperdayai lima orang perempuan berstatus janda. Bahkan salah satu korbannya merupakan seorang dosen di sebuah perguruan tinggi di Surabaya.

Modusnya, tersangka mengaku sebagai anggota TNI AL yang berdinas di Lantamal V Surabaya. Untuk meyakinkan korbannya, tersangka memasang foto diri lengkap dengan mengenakan seragam TNI di Instagram dan situs pencarian jodoh.

Kapolres Mojokerto AKBP Feby Hutagalung mengatakan, tersangka ditangkap berkat laporan dari TS, salah satu korbannya yang merupakan seorang dosen. Tersangka terinspirasi menjadi anggota TNI AL saat bekerja sebagai kuli bangunan di Lantamal V Surabaya.

Tidak hanya menipu korbannya untuk dinikahi, tersangka juga membawa kabur semua harta benda korban usai dikencani. Tersangka mengaku atribut TNI dibeli di salah satu pasar di Surabaya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal berlapis yakni penipuan, pencurian serta penggelapan dengan ancaman hukuman pidana maksimal 7 tahun penjara.