Sukses

SBY Bakal Dirikan Museum dan Galeri Seni di Pacitan

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan dan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mendirikan museum dan galeri seni terkait dirinya bersama keluarga di tanah kelahirannya, di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

"Hari ini bertolak ke Pacitan dalam rangka acara groundbreaking pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI yang dilaksanakan pada 22 Februari 2020," tutur staf pribadi SBY yang juga menjabat sebagai Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Ossy Dermawan,seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/2/2020).

Acara groundbreaking dijadwalkan akan dihadiri oleh keluarga, mantan pejabat pemerintah, Menteri dan wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB), sejumlah tokoh masyarakat dari Pacitan dan para sahabat.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan dan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare, sedangkan total bangunannya mencapai 7.500 meter persegi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsep Museum

Konsepnya, kata dia, bangunan bagian museum kepresidenan SBY dan bagian lainnya terdapat galeri seni Ani Yudhoyono. Kunjungan SBY kali ini menjadi yang pertama pascawafatnya sang istri, Ani Yudhoyono, pada Juni 2019.

Selain itu, kunjungan SBY ke Pacitan sekaligus menyaksikan "Invitasi Bola Voli Pacitan, SBY Cup 2020” yang diselenggarakan pada 21-23 Februari 2020.

Dalam turnamen ini, klub bola voli binaan SBY, Lavani Cikeas, turut serta berkompetisi bersama tujuh tim bola voli dari Pacitan, Ngawi, Magetan, Trenggalek, Ponorogo, Karanganyar dan Bojonegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.