Sukses

VIDEO: Anggota TNI Beri Pelatihan Bela Diri Sederhana untuk Cegah Penculikan

Liputan6.com, Jakarta - Kabar percobaan penculikan siswa SD di Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur menjadi perhatian sejumlah pihak. Di antaranya dari TNI anggota Kodim 0824, Jember.

Para anggota TNI mengajarkan teknik dasar beladiri kepada para siswa SD yang salah satunya bisa digunakan dalam keadaan darurat, di antaranya aksi penculikan.

Suasana sekolah dasar di  Kecamatan Patrang, Jember, terlihat berbeda dengan kehadiran sejumlah anggota Kodim 0824, Jember. Namun kedatangan para anggota TNI ini bukan untuk memberikan materi pelajaran wawasan kebangsaan, ataupun cinta tanah air, melainkan untuk mengajari teknik dasar beladiri kepada para siswa. Berikut video liputannya pada Fokus, 21 Februari 2020.

Salah satu di antaranya adalah cara meloloskan diri, jika sewaktu-waktu ada seseorang yang akan berbuat jahat. Berbagai teknik diajarkan, mulai dari menggigit tangan, menanduk kepala, hingga teknik kuncian sederhana agar pelaku kejahatan tidak mudah menjalankan aksinya. Pembekalan teknik beladiri ini pun disambut antusias oleh para pelajar.  

Teknik beladiri ini sendiri sengaja diberikan sebagai bentuk kewaspadaan, jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat, salah satunya aksi penculikan. Sebelumnya, tiga siswi di sekolah ini sempat disebut menjadi korban percobaan penculikan, hingga membuat para siswa dan orangtua maupun pihak sekolah resah.

Namun, setelah diklarifikasi lebih lanjut, aksi dugaan percobaan penculikan tersebut, ternyata hanyalah kesalahpahaman. Guna lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada para siswa, pihak sekolah akan memperketat pengawasan di sekitar sekolah. Salah satunya dengan melibatkan anggota TNI-Polri.